DKP Kota Tangerang Resmikan Klinik Hewan 

oleh -

Palapanews.com- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang baru saja membangun fasilitas klinik hewan di Jalan Siswa RT 03/3, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Tangerang.

Bangunan yang ditempati tersebut, sebelumnya merupakan aset milik Pemkab Kabupaten Tangerang yang kemudian dihibahkan kepada Pemkot Tangerang.

Selain representatif, nantinya klinik hewan tersebut akan diperluas lagi menjadi rumah sakit hewan. Menurut Kepala Bidang Pertanian DKP Kota Tangerang, Ibnu Ariefyanto, klinik hewan ini memiliki tenaga kesehatan dua orang dokter hewan serta dua petugas paramedis.

“Untuk pelayanannya meliputi vaksinasi, pengobatan, dan ke depan rencananya dibuat fasilitas rawat inap serta USG dan operasi,” ujar Ariefyanto, Jumat, 8 Januari 2021. Diharapkan seluruh fasilitas dan pelayanan tersebut akan siap pada April mendatang.

“Mudah-mudahan segera siap setelah proses pengadaan selesai,” ujarnya.

Disinggung berapa hewan yang mampu dilayani dalam sehari, dia mengatakan, sebetulnya pihaknya mampu menangani 25 sehari. “Itu kalau diloss-kan bisa 20-25 sehari, cuma kita saat kondisi Covid-19 kita batasi sampai 10 orang. Dengan asumsi, setiap satu orang maksimal membawa dua ekor,” terangnya.

Klinik yang terletak persis di samping SMPN 2 Kota Tangerang ini sendiri buka setiap hari kerja. “Pelayanan dari jam 09.00 WIB sampai jam pulang kerja secara gratis,” jelasnya.

Untuk jenis hewan yang bisa dilayani, mencakup segala hewan peliharaaan. Mulai dari kucing, kelinci, anjing, bunglon, kera bahkan hingga ular. “Tapi kalau ular biasanya yang tidak berbisa, kalau berbisa high risk (beresiko tinggi).

Sementara itu, Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman menyampaikan, salah satu alasan disediakannya fasilitas tersebut agar tidak ada hewan liar berkeliaran di Kota Tangerang.

“Perintah pak wali supaya hewan-hewan yang berkeliaran di kota itu diambil, dirawat. Kalau nanti ada masyarakat yang mau mengadopsi nanti silakan, tapi kalau hewan itu sudah sehat,” jelasnya. Yang jelas, DKP ingin nantinya klinik tersebut akan bisa menjadi rujukan apabila dokter-dokter hewan di Kota Tangerang tidak mampu menangani ‘pasiennya’.(ydh)

Komentar Anda

comments