Polres Serang Kota Siap Gelar Ops Lilin Kalimaya 2020, Begini Teknisnya

oleh -
Rakor lintas sektoral di Mapolres Serang Kota. Foto: Ist

Palapanews.com- Dalam Rangka Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang aman, kondusif dan sehat di tengah Pandemi Covid-19, jajaran Polres Serang Kota, Polda Banten akan melaksanakan Operasi Lilin Kalimaya 2020

Guna mendukung kegiatan tersebut, Polres Serang Kota melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral bertempat di aula Mapolres Serang Kota, Senin (14/12/2020).

Kegiatan Rakor kali ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya, dipimpin langsung Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar secara virtual melalui video conference (Vicon) dari Mapolda Banten.

Tampak hadir Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Soehardono, Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, Walikota Serang diwakili oleh Asda I, Kadishub Kota Serang, Kadis PUPR Kota Serang, Ketua PMI Kota Serang, Kasat Pol PP Kota Serang, Kasi K2L BPBD Kota Serang, Para Pejabat Utama Polres Serang Kota, Para Kapolsek Jajaran Polsek Serang Kota dan Pengurus Pramuka Saka Bhayangkara.

Rakor diisi dengan sambutan dan Arahan dari Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar, Danrem O64/Maulana Yusuf Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E., M.B.A., kemudian dilanjutkan paparan oleh Karoops Polda Banten Kombes Pol Amiludin Roemtaat serta diskusi guna menentukan langkah-langkah terbaik dalam pengamanan.

Saat dikonfirmasi usai kegiatan, Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto mengatakan bahwa Operasi Lilin Kalimaya 2020 akan digelar selama 15 hari, dimulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021.

“Rapat koordinasi dilaksanakan guna menyamakan persepsi dalam kegiatan Operasi Lilin Kalimaya 2020,” katanya.

Ia menambahkan, sasaran operasi antara lain pengamanan gereja untuk ibadah natal, pengamanan arus lalulintas yang berhubungan dengan libur panjang. Lalu, pengamanan objek wisata saat masyarakat melaksanakan liburan.

“Selanjutnya pengamanan pergantian tahun di sejumlah titik lokasi perayaan oleh masyarakat. Melalui operasi ini, diharapkan dapat terciptanya Kamtibmas yang kondusif dan sehat, masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19,” tandasnya.

Menurut Kapolres, guna mendukung Operasi Lilin Kalimaya 2020 ini, Polres Serang Kota juga akan menyiapkan 1 posko pengamanan, 6 Pos pengaman dan 1 pos pelayanan guna mendukung terlaksanakanya operasi dimaksud.

“Untuk Posko Pengamanan akan disiapkan di Mapolres Serang Kota, pos pengamanan (Pospam) yaitu Pospam Pakupatan, Pospam Palima, Pospam Baros, Pospam Padarincang, Pospam Kramatwatu dan Pospam Kasemen serta Pos Pelayanan Alun-alun Serang,” ungkapnya.

Ditambahkannya, terhadap tempat wisata, pihaknya juga tetap melaksanakan pengamanan guna mencegah adanya kerumunan di tempat wisata.

“Kami juga meminta kepada pengurus gereja dan masyarakat yang akan melaksanakan ibadah natal agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan dinas kesehatan akan turun langsung,” pungkasnya. (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.