PT KAI-JRP Kembangkan Kawasan Stasiun Jurangmangu

oleh -
Pencanangan Kawasan Terintegrasi Stasiun Jurang Mangu. Foto: Nad

Palapanews.com- Bertujuan memberikan peningkatan pelayanan dan kenyamanan pengguna KRL, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan PT Jaya Real Property Tbk (JRP) melakukan Pencanangan New Image dan Pengembangan Kawasan Terintegrasi di Stasiun Jurangmangu, Kota Tangsel, Kamis (10/12/2020).

Dengan Protokol Kesehatan yang ketat, hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Utama JRP Trisna Muliadi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pemugaran Stasiun Jurangmangu sangat penting di tengah pembangunan yang pesat pada kota baru seperti Bintaro Jaya. Pihaknya menilai penataan dan pengembangan stasiun ini sebagai komitmen bersama Kemenhub, Pemda Tangsel, KAI dan JRP untuk tetap melakukan pembangunan meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Saya juga berpesan kepada Pemda agar angkutan modanya ditertibkan dan dibuat secara khusus baik menuju Bintaro Jaya maupun ke sekitarnya. Kalau ada bus-bus kecil yang menuju ke Stasiun Jurangmangu pasti akan mengurangi kemacetan,” ujar Budi Karya Sumadi.

Sedangkan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan Stasiun Jurangmangu ini sangat strategis. Dengan adanya revitalisasi stasiun ini, dirinya berharap akan mengatasi persoalan kemacetan yang terjadi pada pagi dan sore hari.

“Tentunya menambah kenyamanan bagi masyarakat Tangsel dalam membuat alternatif pilihan dan tidak hanya menggunakan transportasi pribadi, tetapi juga menggunakan KRL. Pengembangan inilah yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” lanjut Airin.

Sementara Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menambahkan, konsep terpadu seperti ini dimaksudkan untuk membuat mobilisasi masyarakat lebih efisien, mengurangi kemacetan, dan mendukung penataan wilayah. Di samping itu, dengan adanya kemudahan aksesibilitas Stasiun Jurangmangu dengan kawasan pemukiman dan pendidikan, akan memberikan nilai tambah bagi daerah Tangsel.

Kerja sama ini akan memberikan nilai tambah yang optimal atas aset milik KAI ataupun JRP. Ke depan, stasiun-stasiun lainnya juga akan dikembangkan dengan konsep serupa agar meningkatkan minat masyarakat terhadap angkutan transportasi umum. Dengan semakin tingginya mobilitas masyarakat nantinya, maka diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Penataan dan Pengembangan Stasiun Jurangmangu tersebut meliputi pembuatan eskalator, lift, area komersial, area parkir, serta perbaikan akses dari dan menuju Universitas Pembangunan Jaya atau Jaya U-Town dan Bintaro Jaya Xchange Mall.

Pintu akses pejalan kaki dari dan menuju Bintaro Jaya Xchange Mall direncanakan dibangun underground sehingga menjaga keamanan dan keselamatan pejalan kaki. Akses ini juga akan menuju shuttle bus Trans Bintaro. Selain itu, akan ada kawasan yang terintegrasi dan pembangunan apartemen di sekitar Stasiun Jurangmangu.

Diketahui, Stasiun Jurangmangu melayani KRL rute Tanah Abang, Serpong, Parung Panjang, Maja dan Rangkasbitung. Di tahun 2020 ini, rata-rata volume harian pengguna KRL di stasiun ini sebanyak 4.683 penumpang per hari. Adapun KRL yang melintas di jalur tersebut sebanyak 218 perjalanan KRL per hari. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.