Jimmy Samsudin, Koleksi Puluhan Mobil Klasik hingga Mobil 2 Presiden RI

oleh -
Jimmy Samsudin. Foto: Nad

Palapanews.com- Memiliki hobby otomotif sejak tahun 1995, Jimmy Samsudin, Warga Pinguin Sektor 3 Bintaro, Tangsel kini memiliki 20 unit mobil klasik digarasi rumahnya. Bukan tanpa alasan, namun mobil yang berkelas dan bersejarah. Bahkan, dirinya berhasil memiliki Fleedwood Seri 75 Limousine yang merupakan mobil dinas terakhir Presiden pertama, Ir. Soekarno dengan panjang 6,9 meter.

Kemudian, mobil Cadillac 59 bekas mobil dinas Gubenur DKI Ali Sadikin, Mercedes-Benz 220 tahun 1963, Mercy Tiger 1984 Coupe 2 pintu, Chevrolet Bell Air 1957, Chevrolet 1958 2 pintu, Hardtop tahun 1971 dan 1966 bekas Presiden Soeharto dan beberapa koleksi mobil bersejarah lain yang masih mulus dan sering dipakai touring.

“Cadillac Fleedwood ini merupakan mobil klasik koleksi yang paling saya sukai. Bukan hanya karena bisa mendapatkan mobil dinas terakhir Bung Karno, tetapi saya merasa bisa ikut merawat perjalanan bangsa. Apalagi mobil ini mobil hadiah dari John F. Kennedy (Presiden Amerika Serikat) dan telah melalui beberapa tangan,” ungkap Wakil Ketua Umum Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Selasa (8/12/2020).

Mobil itu dilelang oleh Sekretariat Negara pada 1975, yang dimenangkan pengusaha Probosutedjo, adik mantan Presiden Soeharto. Puluhan tahun mobil itu di tangan Probosutedjo sebelum berpindah tangan kepada seorang pengusaha asal Solo dan berpindah lagi ke tangan Marsekal Madya Suprihadi, sebelum akhirnya jatuh ke pelukan pria berdarah Jambi tersebut.

“Banyak yang tawar mobil ini, tapi tidak saya jual karena mobil bersejarah, berarti saya juga ikut merawat sejarah dan bukan soal nominalnya berapa. Terlebih, ini mobil kenegaraan, untuk menjemput tamu penting. Masih ada ACnya, tiang benderanya, ada jok ajudan, colokan lighter, sayap belakang, logo burung Garuda, kaca tengah untuk menjaga materi pembicaraan Kepala Negara dengan sopir,” ungkap pemilik sirkuit off-road dan rally di Jambi ini.

Suatu pencapaian dan kepuasan tersendiri bagi kolektor mobil tua di Indonesia, jika sudah mendapatkan mobil Presiden pertama. Dalam merawat mobil berkharisma tinggi tersebut, dirinya kerap mengalami beberapa kejadian aneh dan mistik pada mobil ini. Seperti, mesin dan klakson mobil yang suka menyala sendiri, bahkan maju mundur sendiri.

“Jadinya kalau udah malam gak ada yg berani ke garasi yang jaga dan gak tentu bunyinya, bisa kapan saja. Nanti mati sendiri, kadang yang jaga di rumah bangun tiba-tiba nyuci mobil sampe bersih terus tidur lagi tanpa sadar. Awalnya pada kaget, tapi karena memang Bung Karno punya spritual yang tinggi dan kharisma yang kuat,” lanjut pria yang juga hobi mengoleksi arca ini.

Sementara untuk merawatnya pun, tergantung bagaimana merestorasi mesin awalnya. Kalau awalnya sudah benar ya tinggal memanaskan mesin secara rutin. Karena mobil-mobil koleksinya tersebut bukan hanya untuk pajangan saja.

“Karena yang bener itu kalau dipake touring gak mogok dan dipamerin menang. Jadi jangan cuma dipamerin tapi gak bisa jalan-jalan jauh dan gak bisa jalan. Alhamdulillah mobil saya urus dengan bengkel sendiri dan sparepart langsung dari Amerika. Toko disana, awalnya sempat tidak percaya, mana ada tipe mobil seperti itu di Indonesia, lalu saya kirim fotonya dan saya jelaskan bahwa ini mobil presiden saya lalu dicarikan,” beber pria yang sejak lama tinggal di Bintaro ini.

Hingga saat ini mobil peninggalan Soekarno yang berada digarasi rumahnya, masih sering dipinjam untuk acara wedding. Namun selalu ia jelaskan bahwa dirinya takut untuk meminjamkannya.

“Takutnya kalau dipakai untuk wedding, nanti istrinya lebih dari satu, kayak Bung Karno yang memiliki 9 istri sah,” candanya. (nad)

Komentar Anda

comments