Rahayu Saraswati Kunci Memenangi Pilkada Tangsel

oleh -
Calon Wakil Walikota Rahayu Saraswati. Foto: Dok

Palapanews.com- Nama Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menjadi kunci dalam pelaksanaan Pilkada di Tangsel. Keputusan Partai Gerindra menjadikan Saraswati -demikian ia akrab disapa sebagai calon wakil walikota sudah sangat tepat. Wajar jika dalam setiap kampanyenya, mantan anggota DPR ini lebih memilih untuk mendengarkan dan menerima masukan dari banyak kalangan.

“Pola yang dilakukan Saras agak berbeda dengan kandidat lainnya. Ia terlihat lebih banyak mengajak diskusi dengan warga. Ini sekaligus Saras sedang melakukan pemetaan yang nantinya menjadi acuan program ketika nantinya dia dengan Muhamad memenangkan konstestasi,” ujar Sonny Majid, peneliti dari Candidate Center, Kamis (3/12).

Selain pemetaan masalah, Saras lanjut Sonny, dalam safari politiknya juga tahu bagaimana ia melakukan pendekatan-pendekatan terhadap tokoh-tokoh masyarakat. Belakangan Saras tahu, meski masyarakat Tangsel urban, namun di beberapa wilayah masih tradisional, artinya masih ada elemen masyarakat yang mendengarkan pendapat para tokoh.

“Saya melihat dia (Saras) mengeksplorasi suara akar rumput khususnya para tokoh. Ia sadar posisinya. Kehadiran Saras memanaskan mesin partai, khususnya Gerindra,” tegasnya. Ini artinya peran Saras dengan Gerindra menjadi kunci.

Beberapa rekam gagasan yang dilontarkan Saras menggambarkan sekali bahwa itu hasil dari dia banyak mendengar. Semisal, mendukung kepada penggiat seni dan budaya, insentif tenaga-tenaga pengajar khususnya pendidikan dasar, masalah sampah di TPA Cipeucang yang ia ingin sulap jadi ruang terbuka hijau. TPA berada di bantaran Sungai Cisadane dirasa tidak tepat karena mencemari, penerapan mulok di sekolah-sekolah, ekonomi kreatif, revitalisasi pasar tradisional, keterlibatan pengusaha lokal dalam pembangunan dan lainnya.

Hal positif lain dibandingkan calon wakil lainnya, lanjut Sonny, Saras lebih pas jika dikatakan mewakili milenial. Saras beberapa kali diundang pada forum tingkat nasional maupun internasional. Sekitar Oktober lalu, menjadi pembicara dalam KTT Youth 20 di Riyadh Arab Saudi sebagai Ketua Delegasi Indonesia.

Sekadar diketahui, pasangan Muhamad – Rahayu Saraswati di dukung koalisi PDIP, Gerindra, PSI, Hanura, PAN, Nasdem, Perindo, Garuda dan Berkarya, yang jika dihitung berdasarkan hasil perolehan suara pileg, pasangan nomor urut 1 ini sudah mengantongi 411.889 suara.

“Potensi yang sudah dimiliki Saras harus ditopang dengan mesin partai berjalan maksimal, paling tidak suara di pileg bisa konsisten. Ditambah soliditas dan militansi para relawan,” pungkas Sonny. (red)

Komentar Anda

comments