Siloam Clinic Layani Pemeriksaan Dini Covid 19 Guna Dukung Pemerintah

oleh -

Palapanews.com – PT Siloam International Hospitals, Tbk., melalui infrastruktur layanan kesehatan Siloam Clinic turut berperan membantu Pemerintah memerangi Pandemi Covid-19.

Selain menyediakan fasilitas pelayanan Rapid Test dan Swab Test, sebanyak 50 Siloam Clinic yang merupakan fasilitas kesehatan kelas I, sejak beberapa tahun terakhir dibangun untuk melengkapi pelayanan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) dan pelayanan kepada masyarakat di berbagai perusahan.

Siloam Clinic sebagai faskes tingkat 1 berkewajiban memberikan pelayanan promotif, preventif, curative dan rehabilitative. Masyarakat pemegang kartu BPJS dapat dirujuk ke sejumlah rumah sakit secara berjenjang termasuk Siloam Hospital dengan fasilitas alat kesehatan yang lebih lengkap atau rumah sakit lainnya yang menyediakan layanan BPJS kesehatan sesuai wilayah.

Di masa Pandemi Covid-19, Siloam Clinic turut berkomitmen melaksanakan protokol kesehatan. Komitmen tersebut terintegrasi melalui layanan online JKN Mobile yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan sebagai program nasional. Kepala BPJS kesehatan Kabupaten Tangerang Nunki Malahayati mengatakan, dimasa pandemi, ada tambahan fitur yaitu Fitur Mobile JKN dan Fitur antrian online didalam aplikasi JKN Mobile.

“Pengembangan fitur tersebut sebagai inovasi guna mencegah adanya titik kerumunan disatu tempat dan memudahkan komunikasi diantara dokter pun pasien. Termasuk memudahkan layanan kesehatan Tingkat pertama, yaitu klinik kesehatan termasuk Siloam Clinic,” kata Nunki, Rabu (11/11/2020).

Sebagai mitra kerja di fasilitas kesehatan tingkat satu, lanjut Nunki, pihaknya menilai Siloam Clinic merupakan klinik kesehatan yang memiliki komitmen dan integritas dalam pelayanan kesehatan.

“Siloam Clinic selalu menjalankan komitmen disetiap inovasi yang kami lakukan. Terintegrasi secara online untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan BPJS dan Siloam Clinic ikut mencegah meluasnya Pandemi melalui layanan Rapid Test secara mobile atau dengan sistem perjanjian. Kami mengapresiasi kinerja manajemen Siloam Clinic,” ungkapnya.

Hingga saat ini terdapat 23 Siloam Clinic yang melayani Pasien BPJS. 23 klinik tersebut tersebar di sejumlah wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Pemilihan lokasi di kota-kota tersebut disesuaikan memenuhi kebutuhan jumlah fasilitas kesehatan tingkat 1 di daerah tersebut.

Selain memiliki 23 unit Klinik guna pelayanan peserta BPJS, manajemen Siloam Clinic turut membuka 27 klinik yang ditempatkan di sejumlah perusahaan multinasional. Penempatan secara Layanan klinik ini guna memudahkan para profesional di perusahaan untuk melakukan deteksi dini kesehatan dan layanan kesehatan lainnya. Siloam Clinic sebagai faskes tingkat 1 juga melayani pasien asuransi dan umum.

Menururt Head of operation PT. Siloam Medika Cemerlang Drg. Fenderia L, dimasa pandemi Covid-19, setiap warga diingatkan untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna menghindari penyebaran virus Corona melalui pemaparan di ruang terbuka/ruang tertutup. Mengacu pada hal tersebut, Siloam Clinic menjembatani masyarakat guna memberikan kemudahan dalam pelayanan Rapid Test dan PCR Test.

“Rapid Test dan PCR Test kini dapat dilakukan di Siloam klinic secara “drive through”. Kami juga melayani pemeriksaan Rapid Test atau PCR Test ke sejumlah tempat (on-site) sesuai permintaan perusahaan maupun komunitas secara mandiri,” jelas Fenderia.

Siloam Clinic sebagai Clean and Safe Clinic memberlakukan protokol ketat melalui screening, penyediaan ruangan khusus untuk pasien infeksi dan rutin melakukan desinfectan diseluruh ruangan usai pemeriksaan setiap pasien.

Baca juga: JMSI Jatim-Unitomo Kolaborasi Ajukan Jadi Penguji UKW

“Seluruh tenaga medis di kilinik Siloam menggunakan Alat Pelindung Diri sesuai pelayanan dan melakukan rapid test secara rutin, sehingga masyarakat tetap aman dan nyaman berkunjung ke Siloam Clinic,” ungkap Drg. Fenderia L.

Dijelaskannya, fasilitas kesehatan yang tersedia di Siloam Clinic sebagai faskes tingkat 1, diantaranya, Dokter Umum, Dokter Gigi, Apotik, Bidang Jejaring serta Laboratorium Jejaring.

“Saat ini jam operasional Siloam Clinic disesuaikan kebutuhan masing-masing daerah. Apabila pasien dalam keadaan emergency, pasien dapat langsung ke Rumah Sakit terdekat,” bebernya.

Siloam Clinic sebagai partner pemerintah selalu berkomitment memberikan layanan kesehatan yang terbaik dalam keadaan normal atau pandemic. Masyarakat tidak perlu ragu atau takut untuk mempercayakan pelayanan kesehatan ke Siloam Clinic. (bd)

Komentar Anda

comments