KPU Berikan Layanan Khusus Bagi Disabilitas di Pilkada Tangsel

oleh -
Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro. Foto: Dok

Palapanews.com- Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung di tengah pandemi pada (9/12/2020) mendatang, tentunya menjadi perhatian khusus yang mengedepankan pentingnya protokol kesehatan. Terlebih bagi para penyandang disabilitas.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel, Bambang Dwitoro, kedepan pihaknya akan menyiapkan jalur khusus bagi mereka yang menggunakan kursi roda agar bisa masuk ke dalam bilik suara dengan aman dan nyaman.

“Nanti kita siapkan jalur yang rata agar bisa dilewati,” ujarnya, Selasa (6/10/2020).

Diketahui, saat simulasi pemungutan suara yang beberapa waktu lalu di Cilenggang, Serpong, Tangsel, KPU Tangsel mendapat kritikan dari salah satu yayasan disabilitas. Berkaca dari itu, pihaknya telah mencatat kritikan tersebut.

“Ketika simulasi waktu lalu itu, memang dikeluhkan oleh teman-teman difabel. Kan mereka harus meraba surat suara braille dan tentunya mereka tidak bisa pakai sarung tangan, dan yang terpenting yaitu mereka akan cuci tangan dan ikuti protkol yang lainnya,” bebernya.

Penggunaan sarung tangan menurut dari teman-teman disabilitas akan menyulitkannya meraba surat suara dan menyulitkan mereka untuk mendorong kursi roda.

“Pengguna kursi roda juga mengalami kesulitan, dan ini tentunya menjadi catatan di KPU nanti. Karena prinsipnya adalah kami memberikan pelayanan agar semuanya bisa menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

Berdasarkan data pemilih sementara (DPS) ada sekitar 764 pemilih disabilitas di Tangsel untuk Pilkada tahun ini. Tentunya semua pemilih disabilitas ini juga harus mendapatkan pelayanan baik ketika hendak menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember nanti.

Sementara Anggota KPU Tangsel Divisi Data, Ajat Sudrajat mengatakan, untuk saat ini data pemilih disabilitas bisa saja akan bertambah, karena proses validasi data pemilih masih terus berlanjut.

“Saat ini kan masih DPS, belum ditetapkan menjadi DPT, bisa saja nanti akan ada penambahan data pemilih, termasuk juga teman-teman disabilitas. Dan kami ingatkan juga agar keluarganya juga aktif mengecek ke situs resmi KPU apakah sudah terdata atau belum,” tandasnya. (nad)

Komentar Anda

comments