Elektabilitas Moncer Jadi Modal Kuat Ben-Pilar Menangi Pilkada Tangsel

oleh -
Hasil survei SMRC. Foto: Satelitnews

Palapanews.com- Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan, semakin percaya diri menatap kemenangan dalam kontestasi Pilkada Tangsel, 9 Desember mendatang.

Optimisme ini dilatari beragam hasil survei yang menunjukkan tingginya kepercayaan publik terhadap pasangan Benyamin-Pilar. Terbaru, merujuk hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang beredar di kalangan wartawan, menunjukkan elektabilitas Benyamin Davnie jauh mengungguli kandidat lainnya.

Survei yang dilakukan Agustus 2020, elektabilitas pasangan Benyamin-Pilar berada di angka 38,8 persen, unggul 21,3 persen dari pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati. Sementara dengan Siti Nur Azizah-Ruhamaben, pasangan Benyamin-Pilar unggul 27,9 persen.

Pada periode Maret 2020, merujuk hasil survei dari lembaga yang sama, elektabilitas Benyamin Davnie berada di angka 13,3 persen. Artinya, sejak Maret hingga Agustus 2020, ada kenaikan elektabilitas mencapai 25,5 persen.

Analis politik dari Universitas Pamulang Lukman Hakim menyatakan, persentase elektoral yang dikantongi pasangan Benyamin Davnie menjadi modal kuat untuk memenangkan kontestasi pesta demokrasi di Tangsel.

“Jika pola kenaikan elektabilitasnya terus bertahan hingga sebelum pemilihan, saya yakin pasangan Benyamin-Pilar akan memenangkan Pilkada Tangsel,” kata Lukman yang juga Dosen FKPIP Unpam saat ditemui media di kawasan Pamulang, Jumat (2/10).

Mantan Ketua KNPI Tangsel periode 2009/2012 menilai, beragam keberhasilan dan pencapaian pembangunan yang diraih Tangsel selama hampir 10 tahun terakhir turut mendongkrak capaian elektabilitas pasangan Benyamin-Pilar. Pasalnya, Benyamin merupakan Wakil Walikota Tangsel yang mendampingi Walikota Airin Rachmi Diany selama dua periode. Dengan demikian Benyamin pasti terlibat aktif dalam proses memajukan kota hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini.

“Apa yang sudah dilakukan Benyamin selama hampir 10 tahun menjabat sebagai wakil walikota tentu memunculkan kepercayaan dari banyak warga kota Tangsel. Mereka yang sudah merasakan keberhasilan dan pembangunan yang dilakukan Pemkot Tangsel selama ini, tentu menginginkan pencapaian ini untuk dilanjutkan,” tutur Lukman. (red)

Komentar Anda

comments