Kampung Keranggan Jadi Tempat Wisata Rujukan di Tangsel

oleh -
Kampung Wisata Keranggan di Tangsel. Foto: Ist
banner 300250

Palapanews.com- Kelurahan Keranggan di Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti penilaian Apresiasi Industri Usaha Kepariwisataan yang Berkelanjutan (sustainable), Selasa (22/9). Dengan mengikuti kegiatan itu, warga berharap Kampung Keranggan menjadi salah satu lokasi wisata rujukan di Kota Tangsel.

Kampung Wisata Keranggan sebagai kampung wisata memilki berbagai atraksi yang bisa dinikmati. Terlebih, di sini banyak pelaku usaha masyarakat kecil menengah yang memproduksi berbagai jenis makanan khas daerah. Di sini juga sudah disiapkan homestay yang dapat digunakan untuk beragam aktifitas.

Penggagas sekaligus ketua Kampung wisata Keranggan, Alwani menjelaskan bahwa warga Kampung Keranggan memiliki harapan bahwa Kampung ini bisa menjadi salah satu tempat pariwisata rujukan di Kota Tangsel. Karena itu, dia menginformasikan bahwa seluruh Warga sudah mempersiapkan penilaian ini dengan matang.

“Di dalamnya ada homestay. Nanti di dalam homestay itu juga ada pembuatan makanan khas. Keranggan dikenal sebagai home industri berbagai makanan,” tandasnya.

Alwani menjelaskan bahwa Kampung Keranggan memiliki sejumlah home industri keripik dangder atau singkog dan juga opak.

“Dengan penilaian ini kami juga bisa memastikan pengembangan apa saja yang perlu dilakukan oleh kami, untuk menjadikan tempat ini lebih baik,” kata dia.

Kemudian Lurah Keranggan Agus Muhdi menjelaskan bahwa Keranggan merupakan potensi yang senantiasa terus dikembangkan. Dengan adanya penilaian ini, pihak kelurahan bisa mengetahui fasilitas apa saja yang perlu disiapkan untuk mengembangkan potensinya.

”Keranggan terus berupaya untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui UMKM,” ujar dia.

Sementara Kepala Bidang Industri dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Banten Sri Mulyati menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang ingin dikembangkan dalam menilai suatu tempat wisata. Sehingga selain melakukan penilaian tim Dinas Pariwisata juga melakukan pembinaan.

”Dengan adanya kami di sini sekaligus melakukan bimbingan,” kata Sri. (red)

Komentar Anda

comments