XL Siap Layani Layanan Voice over LTE di Jakarta dan Medan

oleh -
Acara Digital Press Conference. Selasa (18/8/2020). foto : xl

Palapanews.com – Melengkapi layanan digital dengan teknologi terbaru, jaringan XL Axiata juga siap untuk melayani layanan Voice over LTE (VoLTE). Untuk tahap awal saat ini, jaringan XL Axiata siap mendukung layanan VOLTE di wilayah Jakarta dan Medan.

Selanjutnya, XL Axiata akan terus memperluas ke area lainnya seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya. Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih. Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat. Oleh karena itu, XL Axiata optimis layanan VoLTE akan bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan.

Gede mengatakan, “Secara bertahap, hingga akhir tahun 2020 ini layanan VoLTE XL Axiata akan ada di tiga belas kota yang kemudian akan terus kami perluas. XL Axiata telah memastikan jaringan yang dimiliki telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radio, transport, dan juga core.”

“Optimasi jaringan VoLTE juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE (layanan suara 2G dan 3G) dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE),”  beber I Gede.

Diinformasikan pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya.

Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE. (rls/bd)

Komentar Anda

comments