Terus Berkembang, Produk Taiwan Excellence Ikuti Tren 5G

oleh -

Palapanews.com- Berbagai negara dan perusahaan sedang mempercepat transformasi digital sebagai dampak pandemi COVID-19. Bekerja dari rumah dan melakukan konferensi virtual menjadi hal yang lumrah dalam berbisnis, sementara siaran langsung acara olahraga dan konser dilakukan secara online tanpa penonton.

Digitalisasi kehidupan telah menjadi kenyataan dan jaringan 5G dengan fitur high data speed, ultra-low latency, dan massive network capacity akan berada di garis depan dalam memimpin umat manusia ke era digital baru.

Arsitektur jaringan 5G telah berevolusi dari sistem jaringan tertutup (closed-type network), menuju jaringan seluler yang lebih cerdas, lebih terbuka, dan dapat dioperasikan sepenuhnya. Aliansi O-RAN, yang memiliki lebih dari 130 network related operators dan contributors dari seluruh dunia, bekerja untuk mengembangkan standar umum dan spesifikasi teknis untuk memungkinkan banyak vendor membangun jaringan bersama untuk mendorong inovasi, persaingan, dan memperluas supply chain 5G.

Menurut Director of Strategic Marketing Department TAITRA, Chun-Tse Wu, dalam keterangan pers, Selasa (11/8), brand-brand pemenang Taiwan Excellence award, seperti PLANET, Edgecore, dan Delta menghadirkan produk-produk 5G network related dengan properti terbuka dan dapat dioperasikan.

PLANET menghadirkan Universal Network Management System (UNI-NMS), yaitu platform industri terkemuka yang berhasil mengintegrasikan protokol SNMP, protokol ONVIF, dan PLANET Smart Discovery Software, untuk memungkinkan administrator mengelola semua jaringan kabel dan nirkabel commercial-grade atau industrial-grade milik PLANET, dan wireless networking devices di bawah sebuah distributed network infrastructure, melalui platform cerdas tunggal dengan sebuah desain dashboard built-in yang ramah pengguna.

Dengan manajemen otentikasi penggunanya, UNI-NMS menjamin manajemen jarak jauh yang aman di seluruh protokol jaringan yang berbeda melalui Ethernet switches, PoE equipment, wireless APs, VoIP devices, dan IP surveillance devices dalam aplikasi jaringan apa pun.

Sementara itu, Edgecore menghadirkan Open Network Disaggregated Cell Site Gateway AS7316-26XB, yaitu sebuah cell site gateway yang dirancang untuk penggunaan di luar ruangan (outdoor deployment) dengan menempatkannya dalam sebuah cabinet yang berada di sebuah menara telepon selular (mobile cellular tower) dan dapat beroperasi pada suhu yang tinggi.

Desain perangkat keras ini telah berkontribusi pada OCP Telco Working Group sebagai standar Disaggregated Cell Site Gateway. AS7316-26XB adalah pilihan ideal untuk diterapkan sebagai titik agregasi pertama untuk beberapa cell sites, dan deep buffer switches untuk agregasi dalam jaringan mobile backhaul. Produk Edgecore menawarkan pilihan perangkat lunak sumber terbuka dan komersial dari mitra untuk memungkinkan penerapan memenuhi persyaratan operator tertentu guna mengurangi biaya operator, menambah pilihan, dan mempercepat laju inovasi.

Selain PLANET dan Edgecore, Delta menghadirkan Equipment IoT Platform DIALink yang dirancang untuk mengumpulkan data pengoperasian peralatan di tempat dari peralatan mesin CNC dan peralatan yang dikendalikan PLC (PLC-controlled), menyediakan unified interface ke upper management systems, serta mencapai visualisasi data secara efisien yang secara efisien mengungkapkan parameter produksi dan status pengoperasian di waktu sebenarnya.

Sebagai aplikasi edge computing, DIALink dapat menghasilkan efisiensi peralatan dan penghematan energi yang lebih baik melalui komunikasi data, analitik dan operasi logistik untuk mencapai otomatisasi dan visualisasi pabrik.

Menurut Chun-Tse Wu, jaringan industri Taiwan melihat tren dan peluang pasar untuk mengembangkan produk yang lebih dapat dioperasikan dan terbuka, yang akan berkontribusi pada konstruksi, distribusi, dan penerapan jaringan 5G serta mewujudkan smart manufactur yang komprehensif dan sebuah smart life reality.

“Taiwan Excellence akan mengikuti tren ini, untuk meluncurkan produk baru dan bergerak menuju pasar 5G global”, pungkas Chun-Tse Wu. (nad)

Komentar Anda

comments