Polrestro Tangerang Ciduk Jaringan Narkoba Aceh- Sukabumi

oleh -

Palapanews.com- Satuan Resnarkoba Polres Metro Tangerang Kota berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis ganja seberat 14 kilogram dan 417 gram sabu. Dalam kasus itu, empat tersangka dari dua lokasi berbeda berhasil dibekuk.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Sugeng Hariyanto mengatakan, tiga tersangka berinisial YK (27), DP (25) dan ML (21) merupakan tersangka kasus narkotika jenis ganja yang merupakan jaringan Aceh-Sukabumi. Ganja itu nantinya akan didistribusikan para tersangka ke daerah Jakarta dan Sukabumi.

“Tangerang merupakan jalur transit yang digunakan untuk melakukan transaksi. Bahkan saat diinterogasi, para tersangka mengaku setiap transaksi dikirim 100 kg dari Aceh,” ujarnya, Selasa, 4 Agustus 2020.

Penangkapan ketiga tersangka, Sugeng menuturkan, bermula dari tim Resnarkoba Polres Metro Tangerang Kota yang melancarkan penyelidikan di wilayah Karang Tengah, Kota Tangerang pada 14 Juli 2020. Petugas melakukan penyamaran, guna mencari pelaku.

“Anggota under cover buy dengan target operasi tersangka berinisial YK,” katanya.

Pelaku YK ditangkap aparat di Rest Area Karang Tengah, Kota Tangerang. Dari tangan tersangka, petugas menyita 14,5 kg ganja yang disimpan didalam mobil.

“Dari hasil keterangan tersangka, selanjutnya dilakukan pengembangan dan pengejaran, yakni DP dan ML,” ungkapnya.

Kedua pelaku itu ditangkap polisi di SPBU Jalan Raya Cisoka, Kabupaten Tangerang. Polisi mengamankan barang bukti 2 paket ganja dari tangan mereka.

Kedua pelaku diringkus polisi di SPBU, Jl Raya Cisoka, Kabupaten Tangerang serta barang bukti 2 paket narkotika jenis Ganja dengan rincian 2,36 gram. Kemudian pelaku dilakukan interograsi oleh petugas guna dilakukan pengembangan.

“Hasilnya benar barang bukti narkotika jenis ganja ini kepada tersangka YK atas perintah Jon (DPO). Lalu kasus ini masih kami kembangkan. Dilakukan penggeledahan di gudang penyimpanan barang bukti narkotika jenis ganja di Citra Maja, Lebak, Banten,” jelasnya.

Namun, saat dilakukan penggeledahan di gudang penyimpanan di daerah Kabupaten Lebak, sisa barang haram tersebut semuanya telah dikirim. Petugas hanya menemukan sisa batang ganja dan karung bekas.

“Dari total barang bukti yang berhasil disita, dapat menyelamatkan sebanyak 43.502 jiwa dari ketergantungan penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Selain itu, polisi kembali meringkus tersangka berinisial HC lantaran menyimpan narkotika jenis sabu. HC dibekuk di wilayah Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

“Kami menyita 15 paket sabu seberat 417 gram dari pelaku HC itu,” katanya.

Atas perbuatan keempat tersangka dijerat pasal 114 ayat 2 SUBS. pasal 112 ayat 2 Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Mereka terancam seumur hidup atau pidana mati.(dri)

Komentar Anda

comments