Mual Setelah Minum Kopi? Ini Tips Mengatasinya

oleh -

Palapanews.com- Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Namun, pada sebagian orang meminum kopi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan. Salah satu efek yang sering dikeluhkan setelah minum kopi adalah rasa mual.

Rasa mual dapat menjadi penghalang bagi pencinta kopi untuk menikmati hangatnya kopi di pagi hari. Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi mual dan mencegahnya muncul kembali. Berikut di antaranya.

1. Tidak minum kopi saat perut kosong

Minum kopi saat perut kosong bisa membuat mual terasa lebih parah. Jika Anda belum ingin makan nasi, makanan padat seperti telur, pisang, atau oatmeal dapat membantu mengatasi mual dengan cara menetralisasi asam lambung berlebih.

2. Minum kopi decaf sebagai alternatif

Coba ganti kopi yang Anda minum dengan kopi decaf selama dua minggu. Kopi decaf mengandung lebih sedikit kafein. Kafein yang diminum mungkin tidak akan memicu rasa mual yang sama dibandingkan setelah minum kopi biasa.

3. Makan makanan penetralisasi asam lambung

Kopi bersifat asam, jadi Anda perlu membuatnya netral dengan makanan bersifat basa atau yang mengandung banyak air. Cobalah kacang-kacangan, sayur, dan buah. Anda juga bisa meminum teh herbal atau makan sup kaldu.

4. Minum air putih

Kopi merangsang keluarnya air dari tubuh Anda. Minuman ini juga bersifat asam bagi lambung. Minum air putih dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Rasa mual adalah satu dari beberapa gangguan pencernaan yang muncul setelah minum kopi. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung akibat kafein. Kunci mengatasinya adalah tidak minum kopi saat perut kosong dan mengonsumsi sesuatu yang menetralkan asam lambung.

Namun, jika rasa mual selalu muncul dan bertambah parah, mungkin lebih baik Anda menghindari minuman yang satu ini. Anda bisa mencoba alternatif seperti kopi decaf, teh buah, atau minuman herbal.

Hellosehat

Komentar Anda

comments