KPU Terapkan Protokol Kesehatan di Pilkada Tangsel

oleh -

Palapanews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan bakal menerapkan protokol kesehatan Covid-19 pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020. Pelaksanaannya bakal melibatkan banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Karena pelaksanaan Pilkada dan tahapannya akan dilakukan di tengah pandemi covid-19, maka wajib mengikuti prinsip keselamatan dan kesehatan yakni, menerapkan protokol covid-19,” ujar Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro dalam rapat koordinasi dengan beberapa OPD di Serpong, Selasa (23/6/2020).

Selain memenuhi protokol kesehatan, lanjut Bambang, ada yang perlu disesuaikan, seperti kuota per Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang saat ini sedang dibahas.

“Mengenai penambahan TPS. Selain itu, alat pelindung diri yang akan digunakan oleh seluruh petugas adhoc. Dengan begitu penyelenggaraan Pilkada 2020 akan diselenggarakan oleh lebih banyak OPD dibandingkan dengan Pilkada lainnya. Misalnya untuk memenuhi protokol kesehatan, penyelanggaraan Pilkada harus diawasi oleh Gugus Tugas Covid-19 yang berasal dari BPBD dan Dinas Kesehatan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, rapat koordinasi itu dihadiri sejumlah OPD, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika dan lainnya ini mulai melakukan koordinasi pembagian tugas. (nad)

Komentar Anda

comments