Masuk Wilayah Tangsel Harus Punya Surat Izin, Ini Ketentuannya

oleh -
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Foto: Ist

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mewajibkan masyarakat yang keluar-masuk wilayah Tangsel memiliki Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM), khususnya mereka yang tidak ber-KTP Jabodetabek-Banten.

Kebijakan ini dikeluarkan seiring terbitnya Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 19 tahun 2020 tentang perubahan atas Perwal Nomor 13 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB dalam rangka penanganan Covid-19. Dalam bagian kedelapan Pasal 18 huruf A hingga huruf G mengenai Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) bagi warga luar Jabodetabek dan Banten.

“Siapapun yang masuk wilayah Banten harus mendapatkan surat izin. Surat izin ini diatur lebih lanjut dalam Peraturan Walikota (Perwal) atau Peraturan Bupati (Perbup). Maka yang berbeda dengan Perwal sebelumnya adalah, kami menuntut surat izin keluar masuk wilayah Banten dan Jabodetabek,” ujar Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Balaikota Tangsel, Ciputat, Selasa (2/6/2020).

Ia juga meminta kepada RT dan RW di wilayah Tangsel untuk mendata para pendatang yang memiliki SIKM.

“Tapi ada ada di pasal 26 ayat A (Perwal) jika seandainya ada warga di luar Tangsel yang tidak memiliki SIKM tapi sudah memasuki wilayah Tangsel maka kita aktivasi gugus RT, RW, Lurah dan Camat. Jika ditemukan warga luar datang maka RT, RW lapor ke Lurah dan Lurah ke Camat dan Camat akan menyampaikan ke satuan gugus tugas,” jelasnya.

Bahkan, dari Perwal Tangsel akan menindak tegas warga diluar Jabodetabek dan Banten yang tidak memiliki SIKM dan dikenakan sanksi sesuai dengan Pasal 18 yang berlaku.

“Dengan tahapan pertama mereka harus kembali ketempat asalnya atau kedua dilakukan rapid dan swab, sehingga kita akan melihat apakah mereka bisa karantina mandiri atau mereka kita masukan ke rumah lawan covid,” imbuhnya.

Dikatakan Airin, pengaplikasian SIKM tak jauh berbeda dengan DKI Jakarta.

“Aplikasinya hampir sama dengan DKI, bisa masuk ke DPMPTSP di Simponi. Saya sudah minta ke DPMPTSP tentang SIKM,” tutupnya. (nad)

Komentar Anda

comments