Petani dan Nelayan Bakal Terima Bansos Tunai

oleh -
Mensos Juliar P Batubara. Foto: Setkab

Palapanews.com- Kementerian Sosial (Kemensos) segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk nelayan dan petani. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bantuan bagi nelayan dan petani bersifat tunai.

“Kami berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait program-program yang sifatnya program-program bansos. Ada sekitar 2,7 juta petani dan 1,1 juta nelayan yang perlu diintervensi,” ujar Mensos Juliari P Batubara usai Rapat Terbatas (Ratas), Kamis (28/5/2020).

Intervensi yang bisa dilakukan, menurutnya bisa melalui dua kegiatan, yakni bansos dan skema pemulihan ekonomi. Di dalam paket stimulus yang sudah disiapkan pemerintah oleh Kementerian Keuangan, menurutnya ada anggaran untuk program-program bansos dan ada anggaran untuk program-program pemulihan ekonomi.

“Kami akan melakukan pemadanan data dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) apakah dari 2,7 juta dan 1,17 juta petani dan nelayan tersebut sudah masuk ke dalam DTKS atau belum,” tandasnya.

Juliari sampaikan bahwa Kemensos dengan Mentan dan Menteri KP nanti akan menindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan yang sifatnya teknis dengan tim.

“Prinsipnya kami dari Kementerian Sosial akan mem-backup kedua kementerian sahabat-sahabat kami ini, tentunya sesuai dengan tugas dan fungsi kami sebagai penyelenggara program-program kesejahteraan sosial,” tandasnya. (red)

Komentar Anda

comments