Jelang Lebaran, Pasien Covid-19 Melonjak

oleh -
Ilustrasi. Foto: Net

Palapanews.com- Lonjakan pasien baru virus korona (covid-19) menjelang lebaran terjadi di zona merah Tangerang Raya. Penerapan protokol pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang lemah dinilai sebagai salah satu faktor lonjakan pasien covid-19 tersebut.

Juru bicara Gugus Tugas covid-19 Provinsi Banten, Ati Pramudji Astuti mengatakan, lonjakan pasien terjadi pada Rabu, 20 Mei 2020, mencapai 42 orang. Padahal, lanjutnya, pada Selasa, 21 Mei 2020 di wilayah Tangerang Raya tidak ada penambahan jumlah pasien covid-19.

“Adanya lonjakan itu karena masyarakat di Tangerang Raya tidak mematuhi peraturan PSBB, banyak yang keluar untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran,” ujarnya, Jumat, 22 Mei 2020.

Sementara itu, pada Kamis, 23 Mei 2020, lonjakan juga terjadi di wilayah yang sama sebanyak 19 orang versi Pemprov Banten.

“Angka itu sudah termasuk pasien baru yang terkonfirmasi dari Kabupaten Lebak,” katanya.

Ati berpesan kepada masyarakat Banten agar menaati protokol kesehatan yang berlaku, terlebih sekarang menjelang lebaran sudah terjadi lonjakan pasien covid-19.

“Berharap masyarakat bisa menaati protokol kesehatan. PSBB yang diterapkan pun harus diikuti masyaraat,” jelasnya.

Sementara, data yang diberikan Gugus Tugas covid-19 Provinsi Banten itu berbeda dengan versi pemerintah pusat. Versi pemerintah pusat lonjakan pasien covid-19 yang terjadi di Banten mencapai 54 orang.(rik)

Komentar Anda

comments