LIPI Garap Obat Herbal Covid-19 Berbahan Ketepeng dan Benalu

oleh -
Foto: LIPI

Palapanews.com- Hingga saat ini, masih belum ada formula obat atau vaksin COVID-19 di Indonesia. Namun begitu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sedang menggarap obat herbal COVID-19 dari dua tanaman yakni daun ketepeng (Cassia alata) dan benalu (Dendrophthoe sp.).

Dua kandidat obat herbal coronavirus yang sedang diuji coba LIPI tersebut menjadi harapan Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Proses awal penelitian obat herbal COVID-19

Dalam upaya melawan COVID-19, pemerintah Indonesia membentuk konsorsium (perkumpulan) berisi ilmuwan dari beberapa lembaga penelitian dan universitas. Dalam konsorsium ini, Pusat Penelitian Kimia LIPI ditunjuk untuk mengembangkan obat herbal COVID-19.

Bekerjasama dengan Departemen Mikrobiologi FKUI dan Kyoto University, LIPI kemudian mengembangkan obat antivirus COVID-19 dari daun ketepeng badak dan benalu.

Ketepeng adalah tanaman herbal yang terdaftar dalam formularium ramuan obat tradisional Indonesia di Kementerian Kesehatan.

Daun ketepeng telah diteliti dan terbukti memiliki beberapa khasiat salah satunya sebagai anti-parasit (cacing kremi) dan obat kulit. Benalu pernah dilakukan pengujian pada hewan sebagai obat anti-kanker.

Daun ketepeng juga terbukti aktif menghambat pertumbuhan virus dengue penyebab demam berdarah. Pengujian daun ketepeng terhadap virus dengue telah melewati uji praklinis pada tikus mencit dan berhasil menurunkan jumlah virus, meningkatkan jumlah trombosit, serta memperbaiki kadar komponen sistem imunitas. (red)

Sumber: Hellosehat

Komentar Anda

comments