Jokowi Tegaskan Belum Ada Kebijakan Pelonggaran PSBB

Palapanews.com- Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa sampai saat ini belum mengambil kebijakan untuk melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menurutnya, pelonggaran PSBB bakal dilakukan jika waktunya sudah tepat.

“Karena jangan muncul nanti dikeliru ditangkap masyarakat bahwa pemerintah sudah mulai melonggarkan PSBB, belum,” tutur Jokowi saat memberikan pengantar Rapat Terbatas (Ratas) melalui Video Conference mengenai Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19, Senin (18/5) dari Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta.

Pemerintah, menurut Jokowi sedang menyiapkan ini memang baru sebatas rencana atau skenario pelonggaran. Hanya saja, keputusan itu bakal diambil setelah ada timing yang tepat serta melihat data-data dan fakta-fakta di lapangan.

“Agar semuanya jelas karena Pemerintah harus hati-hati dan jangan keliru dalam memutuskan. Dalam minggu ini maupun minggu ke depan ke depannya lagi, 2 minggu ke depan pemerintah masih akan tetap fokus pada larangan mudik dan mengendalikan arus balik,” Jokowi menambahkan.

Oleh sebab itu, Presiden meminta kepada Kapolri dan juga dibantu oleh Panglima TNI untuk memastikan larangan mudik ini berjalan efektif di lapangan. Perlu diingat juga, lanjut Presiden, bahwa yang dilarang itu mudiknya, bukan transportasinya.

“Karena transportasi, sekali lagi, transportasi untuk logistik, untuk urusan pemerintahan, untuk urusan kesehatan, untuk urusan kepulangan pekerja migran kita, dan juga urusan ekonomi esensial itu tetap masih bisa berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tandasnya. (red)

Komentar Anda

comments