Konflik Internal, Rumah Sakit Covid-19 di Tangsel Batal Beroperasi

oleh -
RS Arya Sentra Medika. Foto: Nad

Palapanews.com- Digadang sebagai rumah sakit penanganan covid-19, Rumah Sakit (RS) Aria Sentra Medika Batal beroperasi. Padahal, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bersama pimpinan lembaga lainnya datang untuk meresmikan pada (23/4/2020) lalu.

Saat peresmian, sejumlah tim medis termasuk dokter ahli menunjukkan kesiapannya menjalankan tugas. RS Aria Sentra Medika sendiri mampu menampung 52 pasien. Disebutkan, rumah sakit ini tak membuka poli umum melainkan hanya untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan positif Covid-19.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Medis Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Imbar Umar Ghazali penggunaan RS Aria Sentra Medika untuk pasien Covid-19 batal total. Pemicunya adalah konflik internal yayasan rumah sakit tersebut. Kondisi demikian, membuat investor kabur dan meninggalkan kerjasama yang dibangun dengan Pemkot Tangsel.

“Karena ada konflik, maka investornya mundur. Jadi tidak dioperasionalkan,” terangnya.

Dirinya enggan berkomentar lebih jauh mengenai konflik internal yang baru mencuat itu. Hanya saja dia menjelaskan, bahwa sejak diresmikan sebagai rumah sakit penanganan Covid-19 belum ada satupun pasien yang sempat dirawat di sana.

“Belum mulai menerima pasien. Saya enggak improved ke dalam yayasan soal itu (konflik),” jelasnya.

Batalnya RS Aria Sentra Medika sebagai fasilitas penanganan Covid-19 cukup aneh. Sebab, kerjasama yang dibangun sebelumnya antara yayasan dan Pemkot Tangsel berlangsung singkat dan lancar.

Menurut Imbar, kronologis kerjasama dengan yayasan RS Aria Sentra Medika itu bermula saat perwakilan yayasan datang ke kantor Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Pihak yayasan lantas menawarkan kerjasama di mana nanti segala biaya perbaikan fasilitas ditanggung investor.

“Dari yayasan menghadap ke Dinkes, dan saya diminta untuk jadi PIC (penanggung jawab) sampai persiapan (operasional). Dananya dari investor, Pemkot nggak ada keluar apa-apa,” bebernya.

Namun demikian, Imbar tak mengetahui persis mengenai total anggaran yang dikeluarkan pihak investor dalam perbaikan fasilitas di RS Aria Sentra Medika. Mengingat, rumah sakit itu sudah lama kosong tak berfungsi setelah mem-PHK seluruh pegawainya karena bangkrut. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.