Pandemi Covid-19, DPRD Kota Tangerang Cairkan Dana Reses hingga Pengadaan Mobil Mewah

Palapanews.com Setelah sukses mencairkan uang reses sebesar Rp 2,250 miliar, pimpinan DPRD Kota Tangerang akan mencairkan kembali uang sebesar Rp1,4 miliar untuk pembelian 4 mobil mewah yang diperuntukan bagi pimpinan dewan.

Pengadaan kendaraan mewah tersebut tertera dalam lpse.tangerangkota.go.id yakni Pengadaan Alat Angkutan Darat Bermotor Roda Empat Pimpinan DPRD Kota Tangerang (Mobil Honda Accord) dengan Nilai Pagu 1.4 Miliar Tahun Anggaran 2020.

Melihat kondisi pandemi covid-19 ini,
Pengamat Politik dan Pemerintahan Indonesia, Hasanudin BJ mengatakan,
untuk membantu keuangan daerah yang sedang defisit para Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga para tenaga harian lepas (THL) pun rela gajinya dipangkas hingga 30 persen.

“Lihat tuh para THL, gaji mereka pun akan dipangkas untuk rasionalisasi anggaran. Bahkan dari 8000 THL di Pemkot Tangerang terancam PHK. Ko tega..Ditengah susahnya Pemkot Tangerang menghadapi pandemi covid-19 dengan anggaran yang minim, dewan malah berpoya dengan mencairkan uang reses Rp45juta per orang di kali 50 orang anggota dewan,” katanya.

Pria yang akrab disapa BJ ini mengungkapkan, bahkan kini pimpinan DPRD Kota Tangerang mau membeli 4 mobil mewah dengan biaya Rp 1,4 miliar.

“Mereka tidak peka…Mereka tidak punya hati..Mereka tidak berkeadilan…Mereka juga tidak mempunyai rasa kemanusiaan,” tegas BJ.

Seharusnya, kata BJ, dewan peka terhadap kondisi keuangan daerah yang sedang defisit, disisi lain rakyat yang membutuhkan sedang menunggu sembako dan dana tunai yang sudah di janjikan oleh pemerintah. Namun, lebih aneh lagi bahwa pimpinan DPRD Kota Tangerang adalah dari PDI Perjuangan yang seharusnya lebih berpihak kepada rakyatnya yang sangat membutuhkan dan mendukung program pemerintah dalam penyelamatan dari musibah pandemi covid-19.

“Akan lebih baik dan terhormat jika pimpinan menunda belanja mobil mewahnya, karena saat ini pun mereka sudah memakai kendaraan dinas,  dan alokasi dananya dialihkan untuk pembelian beras yang sedang direncanakan oleh Pemkot Tangerang,” jelas BJ seraya menambahkan,para pimpinan DPRD maupun anggota juga memikirkan atau mencari solusi untuk bisa membantu masyarakat yang terkena dampak dari covid-19.

“Sumbangkan ide atau pemikiran yang baik untuk bersama-sama membantu masyarakat,” pungkasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments