Kenali Beragam Penyebab Varises

Palapanews.com- Tak sedikit orang yang minder dan malu karena memiliki varises pada tubuhnya. Sebenarnya, varises adalah kondisi di mana pembuluh darah membengkak dan tampak dekat dari permukaan kulit. Bukan cuma mengganggu penampilan, varises juga menimbulkan nyeri dan bengkak di sepanjang paha, lutut, atau mata kaki. Lalu, apa sih yang menjadi penyebab varises?

Varises terjadi ketika vena atau pembuluh darah balik, tidak berfungsi dengan baik. Vena memiliki katup satu arah yang mencegah aliran darah kembali ke organ, karena seharusnya darah mengalir menuju jantung.

Nah, ketika katup ini rusak, darah akan berkumpul di pembuluh darah dan tidak menuju ke jantung. Pembuluh darah kemudian akan membengkak sehingga menyebabkan varises.

Varises sering terjadi pada kaki karena bagian tersebut adalah bagian yang paling jauh dari jantung dan efek gravitasi membuat darah semakin sulit naik ke atas, kembali ke jantung.

Lalu, setiap kondisi yang memberi tekanan berlebihan pada kaki atau perut dapat menjadi penyebab varises. Beberapa kondisi yang biasanya sering memberikan tekanan termasuk:

Usia

Ketika semakin tua, pembuluh darah Anda bisa kehilangan elastisitas dan akhirnya meregang. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda berusia di atas 50 tahun

Katup di pembuluh darah mulai melemah, sehingga memungkinkan darah yang seharusnya menuju ke jantung malah berbalik kembali.

Kehamilan

Ada banyak wanita yang mengeluhkan varises saat hamil. Nyatanya, kehamilan meningkatkan volume darah di tubuh Anda, tetapi menurunkan aliran darah dari kaki ke pinggul.

Perubahan aliran darah ini dirancang untuk mendukung janin yang sedang tumbuh dalam kandungan. Namun, efek sampingnya adalah pembuluh darah di kaki membengkak.

Varises bisa baru muncul pertama kali saat hamil, atau bisa juga kehamilan memperburuk kondisi varises yang sudah ada.

Janin yang semakin lama makin membesar juga dapat memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah di kaki, sehingga bisa menimbulkan varises. Selain itu, perubahan hormon saat hamil pun bisa jadi penyebab varises.

Varises yang terjadi selama kehamilan, umumnya membaik tanpa perawatan medis 3-12 bulan setelah melahirkan.

4 hal yang bisa memicu varises

Beberapa faktor di bawah ini bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya varises.

1. Berdiri terlalu lama

Berdiri atau duduk terlalu lama dapat menjadi penyebab varises. Darah Anda tidak akan mengalir jika Anda berada di posisi yang sama dalam waktu yang lama.

2. Jenis kelamin

Wanita lebih cenderung memiliki varises. Perubahan hormonal selama kehamilan dan menopause mungkin menjadi faktor karena hormon wanita cenderung mengendurkan dinding vena.

Selain itu, minum pil KB juga dapat meningkatkan risiko varises pada wanita.

3. Obesitas

Kelebihan berat badan dapat menambah tekanan pada pembuluh darah Anda, sehingga meningkatkan risiko Anda memiliki varises.

4. Riwayat varises di keluarga

Jika anggota keluarga lainnya mengalami varises, ada kemungkinan Anda juga akan leih besar memiliki varises. (*)

Sumber: Hellosehat

Komentar Anda

comments