Warga RW 09 Paninggilan Bangun Kampung Si Gacor

oleh -

Palapanews.com- Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19, warga RW 09 Kelurahan Paninggilan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang membagun Kampung Siaga Corona (Si Gacor).

Pembangunan Kampung Si Gacor tersebut dimulai dari menyediakan tempat cuci tangan, sosialisasi Covid-19, hingga lumbung pangan yang dilakukan secara swadaya oleh warga setempat.

“Kami membangun Kampung Si Gacor secara swadaya, dimana dalam salah satu tugasnya adalah menghimpun sumbangan dan bantuan bagi warga di sini yang terdampak karena Corona,” kata Ridwan, Ketua RW 09.

Ridwan menambahkan, pihaknya juga membuat lumbung pangan yang akan dikumpulkan di Posko Siaga Covid19 di RW sini. Nantinya, hasil dari bantuan yang dikumpulkan dari warga diberikan kepada warga yang kurang mampu kala menghadapi PSBB.

“Ini inisiatif warga untuk membangun solidaritas guna sama-sama kuat dalam menghadapi pandemi corona,” ungkap Ridwan.

Ridwan mengatakan, pembuatan lumbung pangan ini memang telah dipersiapkan dalam rangka menghadapi musibah. “Warga kita imbau untuk sama-sama membantu, bersyukur warga tergerak dengan menyumbangkan sukarela entah itu dalam bentuk beras, mie instan, segala kebutuhan pangan, dan segala kebutuhan bagi masyarakat serta uang yang nanti akan kita sumbangkan bila ada penerapan PSBB. Ininjuga berlaku bagi masyarakat yang dinyatakan ODP dan PDP di wilayah sini,” tandasnya.

Ketua RT 01/RW 09, Didin Komarudin menambahkan, warga juga sudah membentuk Satgas Covid-19. Tugas dari Satgas ini selain mensosialisasikan supaya warga mematuhi aturan tetap berada di rumah dan selalu pakai masker juga bertugas untuk patroli di wilayah dengan mengimbau warga untuk tidak berkerukumun.

“Tempat-tempat keramaian seperti warung kopi, kami imbau untuk membatasi jam operasionalnya. Kami juga menegur jika masih ada anak-anak muda yang nongkrong sambil main gitar atau kerumunan lainnya,” tukas Didin Komarudin.

Kampung Siaga Corona sendiri memang terus digagas oleh Pemkot Tangerang sebagai antisipasi warga dalam siaga penyebaran Corona di wilayahnya. Dengan Kampung Si Gacor ini diharapkan akan memutus rangkai penyebaran Corona di wilayah Kota Tangerang.(ydh)

Komentar Anda

comments