RS Aria Medika Difungsikan untuk Transit Pasien PDP Covid-19 di Tangsel

oleh -
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Foto: Ist

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akan memfungsikan Rumah Sakit (RS) Aria Sentra Medika untuk melayani pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Rumah sakit berlokasi di Jalan Aria Putra, Kedaung, itu nantinya diperuntukan bagi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Kepala Bidang Pelayanan Medis pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Imbar Umar Ghazali mengatakan RS Aria Sentra Medika menjadi tempat perawatan sementara pasien PDP Covid-19. Pasien, nantinya dirawat sementara sembari menunggu rujukan ke RSUD atau RS Darurat Corona, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Jadi tempat transit, sekaligus dirawat. Jadi transit menunggu rujukan, tidak dibiarkan begitu saja gitu, ada perawatannya,” kata Imbar menjelaskan.

Imbar menambahkan, RS Aria Sentra Medika cukup mumpuni untuk merawat pasien PDP Covid-19. Selain perawatan medis, di RS Aria Sentra Medika juga dilengkapi alat tes Covid-19. “Adalah tes, VCR rencananya, rapid test, swab,” jelasnya.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany. Foto: Ist

Soal kapan rumah sakit tersebut siap dioperasikan untuk menampung PDP, Imbar mengatakan RS Aria Sentra Medika masih dalam proses persiapan dan akan siap digunakan pada Jumat mendatang (10/4/2020). “Katanya Jumat, alatnya sudah. Kecuali alat VCR sama rapid test,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany sudah melakukan inspeksi ke RS Aria Sentra Medika yang berlokasi di Kelurahan Kedaung, Pamulang itu. Di lokasi, Walikota mengecek kesiapan RS itu untuk menampung pasien PDP. “Total ada 40 kamar, ICU cuma 4 alat ventilator,” ungkap Walikota.

Pada bagian lain, Pemkot Tangsel juga menjadikan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) sebagai Rumah Lawan Covid-19, yakni tempat penampungan Orang Dalam Pengawasan (ODP) wabah virus Corona. Diketahui, lahan yang terletak di kawasan Tandon Ciater, Jalan Widya Kencana, Serpong tersebut memiliki luas tanah mencapai 18 hektar.

“Nanti rumah lawan covid-19 ini ditujukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Masyarakat yang berstatus ODP Corona bisa dibawa kesini untuk diperiksa. Jika nanti sudah dinyatakan sembuh dipersilahkan pulang lagi,” ujar Asisten Daerah I Tangsel, Rahmat Salam.

Dirinya menjelaskan, tim gugus tugas dan tim medis nanti akan menjemput warga berdasarkan data ODP yang diperoleh dari Puskesmas, Rumah Sakit, dan tempat layanan kesehatan lainnya.

“Mekanismenya tim gugus tugas dan tim medis akan menjemput warga berdasarkan data dari Puskesmas dan Rumah Sakit. Tidak ada biaya bagi warga ber KTP Tangsel,” jelasnya. (adv)

Komentar Anda

comments