ACT Peduli, Siapkan Corona Crisis Center

Palapanews.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga kemanusiaan meluncurkan program mitigasi dan distribusi bantuan, serta menyiapkan Corona Crisis Center untuk beberapa waktu ke depan.

“Pada kesempatan ini, kami keluarga besar ACT akan mengambil peran. Apa yang kita rasakan saat ini adalah sebuah musibah global dan musibah nasional yaitu bencana  Covid-19. Dengan semangat optimis, kita bisa menghadapinya bersama-sama dengan negara,” ungkap Ahyudin, Ketua Dewan Pembina ACT di Jakarta, Selasa (17/03/2020).

Sebagai sebuah musibah berupa wabah virus corona, menurutnya, ACT akan menunjukkan prinsip dan spirit yang sama seperti ketika menghadapi bencana alam, meskipun bencana yang satu ini tentu akan lebih kompleks penanganannya.

“Kami mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan semangat gotong-royong sebagai nilai utama kita sebagai sebuah bangsa,” ajak Ahyudin.

Dalam kesempatan yang sama disampaikan bahwa ACT akan mengambil peran berupa program edukasi dan aksi nyata. Pertama, ACT akan terus menggerakkan ratusan ribu relawan medis untuk memberikan edukasi terkait virus corona ke seluruh elemen bangsa seluas-luasnya. ACT memberikan tindakan preventif yaitu melakukan roadshow di berbagai daerah untuk pelayanan dan penyuluhan kesehatan.

Kedua, ACT mengajak masyarakat untuk terus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ketiga, ACT mengimbau untuk memperbanyak bersedekah sebagai cara untuk menolak bala. Keempat, untuk mengantisipasi krisis ekonomi, khususnya untuk masyarakat bawah, ACT berencana untuk menurunkan logistik berupa bantuan pangan.

“ACT akan menyiapkan 1000 ton logistik pangan dan membagikannya ke berbagai daerah yang terdampak. Bantuan ini sebagai ikhtiar kami untuk terus membersamai masyarakat,” beber Ahyudin.

“Bantuan ini hadir dari program Lumbung Pangan Wakaf, Lumbung Beras Wakaf, dan Lumbung Air Wakaf. Amanah para dermawan akan kami sampaikan melalui program-program terbaik kam,” tambahnya. (rls/bd)

Komentar Anda

comments