Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Tangerang Gelar Workshop untuk Koperasi

oleh -

Palapanews.com- Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang menggelar Kegiatan Pengembangan dan Pembinaan Usaha Fasilitasi dan Kemitraan  Sub Kegiatan Workshop Penyusunan Business Plan Koperasi Tahun Anggaran 2020.

Kegiatan yang berlokasi di Aula Gedung Cisadane, Kota Tangerang ini mengundang 100 peserta dari perwakilan pengurus koperasi yang ada di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang, Teddy Bayu Putra menerangkan, kegiatan ini sebagai wadah bagi para pengurus koperasi yang ada di Kota Tangerang untuk menyusun dokumen perencanaan usahanya, sehingga koperasi yang mereka jalankan sesuai dengan panduan yang telah dibuat,

“Dari segi bisnis, koperasi memang harus memiliki dokumen perencanaan, sehingga arah dan tujuan dari koperasi tersebut sesuai dengan perencanaan,” kata Teddy Bayu Putra.

Selain menjalankan bisnisnya, koperasi yang ada di Kota Tangerang juga harus memikirkan kepentingan daerah (muatan lokal) yakni harus memperkenalkan berbagai produk asli Kota Tangerang, khususnya ditengah masyarakat.

“Masyarakat harus mendukung tiap produk lokal yang ada di Kota Tangerang. Dengan adanya dukungan tersebut, maka Kota Tangerang mampu bersaing dengan daerah lain, dan masyarakatnya pun semakin sejahtera,” paparnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang, Abdul Kholil Kurniawan mengungkapkan, setiap pengurus koperasi harus membuat dokumen perencanaan usahanya, sehingga bisnis yang dikembangkan sesuai dengan ketentuan.

“Apabila dokumennya sudah dibuat, maka akan dievaluasi dalam rapat anggota tahunan, apakah usahanya ini sesuai dengan panduan atau blue print yang dibuat,” ungkap Abdul Kholil seraya menambahkan, tiap koperasi harus membuat rencana anggaran pendapatan koperasi (RAPK), sehingga dalam penyusunan oleh pengurus, apakah model konsep usahanya sesuai, targetnya siapa saja, kinerja yang akan dicapai seperti apa.

Abdul Kholil menambahkan, koperasi yang ada di Kota Tangerang terdiri dari lima jenis yakni koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi pemasaran, koperasi jasa dan koperasi simpan pinjam. Untuk itu, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah selaku pembina koperasi di wilayah tentunya selalu memberikan pembinaan kepada koperasi yang ada di Kota Tangerang.

“Koperasi mampu membangun perekonomian ditengah masyarakat. Saat ini, sudah ada 94 koperasi konsumen di tiap kelurahan,” jelasnya.(Adv)

Komentar Anda

comments