23 Tim Evakuasi Indonesia Diberangkatkan ke Jepang

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Indonesia memberangkatkan tim evakuasi yang terdiri dari 23 orang menuju Yokohama, Jepang. Tim tersebut akan menjemput 68 dari 78 anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) di kapal pesiar Diamond Princess.

“23 orang penjemput tim evakuasi itu terdiri dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, TNI, dan pihak Garuda Indonesia,” ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di ruang VIP Room Terminal 1 B Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat, 28 Februari 2020.

Retno menjelaskan, keseluruh WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess telah melakukan pemeriksaan tes PCR dan Veer dengan statusnya adalah negatif terjangkit virus korona (Covid-19).

“Dari 78 WNI yang akan di jemput, delapan orang saat ini sedang dirawat di beberapa rumah sakit di Jepang. Sementara, dua orang lainnya menolak ikut karena mereka ingin melanjutkan pekerjaan di kapal tersebut. Jadi yang akan dijemput oleh tim evakuasi totalnya 68 orang,” ungkapnya.

Retno mengatakan, keberangkatan tim evakuasi akan dilakukan melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada pukul 16.30 WIB dengan tujuan Bandara Haneda Tokyo, Jepang.

“Tim akan tiba di Bandara Haneda perkiraan pada Sabtu, 29 Februari 2020 pukul 01.00 waktu setempat. Rencana pulang ke Indonesia waktu keberangkatan pada Minggu, 1 Maret 2020 pukul 18.00 dari Tokyo, dan tiba di Indonesia pada hari yang sama,” katanya.

Retno menuturkan, tugas dari 23 orang yang masuk tim evakuasi tersebut adalah tugas kemanusiaan yang mulia. Ia berpesan agar tim evakuasi tetap mengedepankan peraturan kesehatan selama bertugas.

“Saya hanya ingin berpesan agar kita harus menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan secara disiplin untuk menjaga orang lain dan menjaga diri kita sendiri. Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih, tanpa kerjasama dan koordinasi yang kuat maka misi seperti ini akan menjadi sulit dilakukan. Bismilllah semoga berjalan dengan lancar,” tutupnya.(rik)

Komentar Anda

comments