Clean Up Radioaktif di Tangsel, BATAN Bawa 100 Drum Kosong

oleh -
Petugas melakukan clean up limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah. Foto: Nad

Palapanews.com- Setelah dihentikan pada Minggu (16/2/2020) pukul 13.30 kemarin karena faktor cuaca, hari ini Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) kembali melakukan clean up dengan membawa 100 drum kosong ke titik terpapar radiasi yang berlokasi lahan kosong Blok J, Perumahan Batan Indah, Setu, Kota Tangsel.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama BATAN, Heru Umbara mengatakan, pihaknya melanjutkan clean up yang tertunda kemarin. Menurutnya, clean up menjadi hal yang sangat penting karena pihaknya ingin segera menghilangkan sumber paparan yang ada di lokasi agar aman untuk masyarakat.

“Saat ini kita bersihkan tanah ataupun tanaman yang ada di tempat itu. Sekarang kita bawa 100 drum kosong. Semoga tidak hujan, karena faktor alam sangat mempengaruhi dan jika dilakukan saat hujan dapat membahayakan pekerja,” jelasnya di lokasi, Senin (17/2/2020) pagi.

Walaupun saat ini kita berada di daerah aman dan clean up di titik spot yang ada di sebelah sana, dirinya selalu mengimbau warga agar beraktifitas seperti biasa.

“Silahkan beraktifitas seperti biasa, disini aman sekali. Namun yang tidak boleh adalah kita masuk kedalam spot yang masih kita lakukan clean up. Tidak ada larangan apapun, seperti harus memakai masker,” ungkapnya.

Lanjut Heru, penelitian untuk identifikasi sebenarnya sudah ketahuan. Pihaknya telah mengetahui sumbernya dan saat ini masih ada yang tertinggal.

“Dugaan awal masih diselidiki dan yang jelas ini bukan beasal dari fasilitas nuklir yang ada Serpong. Diyakinkan bukan berasal dari pengoperasian terutama reaktor. Sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa bukan dari reaktor dan saat ini kita sedang lakukan penyelidikan. Saat ini kita, Batan terutama konsentrasi untuk clean up, meskipun proses lain seperti penyelidikan pun kita lakukan untuk mencari tau asal muasal sumber ini,” tukasnya. (nad)

Komentar Anda

comments