BATAN & Bapeten Angkut 27 Drum Tanah Terpapar Radiasi

oleh -

Palapanews.com- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan tindakan clean up lanjutan di area yang terpapar radiasi di Perumahan Batan Indah, Tangsel, Minggu (16/2/2020). Dari proses clean up, dihasilkan 27 drum berisi tanah yang terpapar radiasi.

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Batan, Heru Umbara mengatakan, sedikitnya ada 28 personil yang terbagi menjadi 4 kelompok. Sedangkan mekanisme pelaksanaan cleaning dilakukan secara bergantian tiap kelompok.

“Masing-masing kelompok hanya diperkenankan bekerja 1 jam, kemudian bergantian dengan kelompok lainnya. Tujuannya untuk membatasi jumlah dosis radiasi yang diterima oleh pekerja supaya tidak melebih batas yang ditentukan dan untuk menjaga keselamatan para pekerja,” paparnya.

Setelah kelompok pertama dan dua telah melaksanakan pekerjaan selama 1 jam, kemudian digantikan oleh kelompok tiga.

“Dari pekerjaan ini didapatkan 27 drum yang berisi tanah yang diindikasikan terpapar. Setelah selesai melakukan pekerjaan, dilakukan pemantauan dosis pekerja terhadap kelompok pertama. Dari pengukuran tersebut didapatkan dosis yang diterima pekerja antara 2 sampai 10 mikrosivert. Ini artinya masih aman dari batas yang ditentukan utk dosis pekerja radiasi yakni 80 mikrosivert,” jelasnya.

Lanjutnya, sampel tanah tersebut dibawa ke Batan untuk diteliti kembali. Apakah sudah dinyatakan aman dari radiasi nuklir atau masih terdapat radiasi nuklir.

“Sehabis itu kita akan melakukan mapping kembali sehingga daerah ini bisa kita nyatakan aman. Nah, selain itu tentunya kita juga akan melakukan identifikasi lanjutan,” ungkapnya. (nad)

Komentar Anda

comments