Waspada Chikungunya, Warga Wajib Bersihkan Lingkungan

oleh -
Ilustrasi. Foto: Net

Palapanews.com- Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie menanggapi kasus 70 warga di RT 01, 02, 04 dan 06, RW 10 Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, yang mengalami radang persendian dengan diagnosa terkena chikungunya.

“Jadi itu memang chikungunya hasil pemeriksaan lab-nya. Kemudian sudah dilakukan fogging. Dari 70, tersisa 20 warga yang masih terjangkit, sisanya telah sembuh,” kata Benyamin, Selasa (11/2/2020)

Benyamin juga menjelaskan puskesmas akan melakukan penjemputan ke rumah-rumah, jika ada warga yang tidak bisa ke puskesmas untuk berobat.

“Bagi warga yang tidak bisa ke puskesmas dijemput oleh ambulan puskesmas. Kalau untuk posko, ya nanti saya sudah bilang untuk dibentuk posko, yang penting warga bisa tertangani,” terangnya.

Terpisah, dKepala Puskemas Jombang, Mulyadi mengatakan, bahwa lingkungan lokasi tersebut kurang menjaga kebersihan.

“Karena lingkungan kurang bersih banyak tempat sampah dan kandang ayam. Hari Sabtu (8/2/2020) kemarin kita sudah lakukan fogging di RW 10,” tandasnya.

Diketahui chikungunya disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk tersebut mendapatkan virus chikungunya saat menggigit seseorang yang telah terinfeksi sebelumnya.

Sementara penularan virusnya bisa terjadi bila orang lain digigit oleh nyamuk pembawa virus tadi, sama seperti DBD. Tak hanya itu, virus chikungunya dapat menyerang siapa saja. Namun, risiko terserang penyakit ini lebih tinggi pada bayi yang baru lahir, lansia 65 tahun ke atas, dan individu dengan kondisi medis lain, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. (nad)

Komentar Anda

comments