Sumringah, 27 Bocah Dengan Bibir Sumbing Kabupaten Serang Bakal Operasi Gratis

oleh -
Bupati Tatu menyambangi anak-anak dengan celah bibir dan langit-langit. foto : ist

Palapanews.com – Rona bahagia terpancar di wajah anak-anak dengan celah bibir dan langit-langit, sebab mereka bakal mendapat kesempatan pengobatan secara cuma-cuma alias tanpa biaya.

Aksi tersebut merupakan bakti sosial Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Saeful Anwar Malang bekerjasama dengan Yayasan Sekar Lintas Nusantara dan PT. Barata Indonesia.

“Sebanyak 27 anak mendapatkan bantuan bibir sumbing dari 30 orang, karena ada 3 anak yang mengundurkan diri faktor kesehatan. Anak yang mendapatkan operasi ini berusia 3 sampai 13 tahun bermanfaat untuk masa depan mereka,”ungkap Tatu usai penyambutan Tim Bakti Sosial Operasi Sumbing dan langitan di Rumah Sakit dr Drajat Prawiranegara (RSDP) Serang, Jum’at (31/01/2020).

Tatu berharap, anak-anak yang mendapatkan operasi gratis bisa hidup sempurna. Karena, dengan kondisi fisik yang sempurna mereka mendapatkan pendidikan yang lebih baik. “Kemudian bisa hidup di tengah masyarakat layaknya seperti anak yang lain, dengan tidak ada rasa minder,”ujarnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, Tatu mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang yang bekerjasama dengan RSDP Serang. Dia berharap, kegiatan tersebut bukan hanya kali ini saja akan tetapi berlangsung kedepannya juga.

Dokter Herman, Spesialis Bedah Plastik Rekontruksi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Rumah Sakit Umum Daerah dr Saeful Anwar Malang mengatakan, bahwa kegiatan operasi bibir sumbing sebagai bakti sosial PT. Barata Indonesia perusahan perwakilan dari Jerman ingin membantu dan bekerjasama dengan Universitas Brawijaya dan RSUD dr Saeful Anwar Malang.

Dengan dipilihnya bakti sosial di RSDP Serang, kata Herman, RSDP Serang merupakan rumah sakit rujukan atau menampung pasien dari lima kabupaten dan kota di Banten. “Seperti kita lihat, segmen pasien disini banyak sekali,” katanya. (rls/bd)

Komentar Anda

comments