Rakornas 2020, Ristek-Brin Paparkan Riset Unggulan di Depan Jokowi

oleh -

Palapanews.com- Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek-Brin) tengah mengembangkan berbagai riset dan inovasi unggulan dengan tujuan meningkatkan taraf hidup dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Menristek-Brin Bambang Brodjonegoro, menyampaikan, ada beberapa hasil riset unggulan yakni Drone, Katalis, Kapal Pelat Datar, Makanan, serta Kesehatan.

“Puna Male Drone adalah hasil riset anak bangsa yang nantinya dibuat untuk keperluan militer, jadinya nanti kita tidak bergantung dengan pesawat tempur dan pesawat angkut saja akan tetapi dengan drone ini,” ujarnya saat Rakornas Ristek-Brin 2020 di Puspiptek, Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020).

Selain Drone, pada Rakornas kali ini Kemenristek juga menampilakan inovasi unggulan lainnya yakni, Katalis Merah Putih yang akan menjadi sumber dari greenfuel.

“Kami bercita cita sebagian dari ketergantungan akan BBM apalagi yang impor bisa dikurangi kalau kita bisa menghilirkan minyak inti sawit menjadi bensin, avtur maupun solar yang kita katagorikan sebagai greenfuel tadi dan itu menjadi harapan kita untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap impor,” ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Megawati Soekarnoputri mengatakan, saat menjabat menjadi Presiden Indonesia kelima dirinya berharap Indonesia memiliki badan riset yang bersifat nasional.

“Ingat Ristek-Brin adalah badan negara yang dibiayai APBN dan tidak boleh mencari keuntungan. Jika ingin bekerjasama dengan luar negeri, saya mohon maksimalkan dulu karya anak bangsa,” pesannya. (nad)

Komentar Anda

comments