Perhimpunan Pilot Bakal Hadirkan Aplikasi Aviation Safety Campaign 4.0

oleh -
Ketua PPPI Capt Rizky Budimansyah. Foto: Rik

Palapanews.com- Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) bersama Indonesia Air Traffic Controller Association (IATCA) akan menghadirkan Aviation Safety Campaign 4.0. Aplikasi tersebut guna mewujudkan kualitas para pilot demi kenyamanan dan keselamatan bagi para pengguna jasa penerbangan berbasis aplikasi digital.

Ketua Umum PPPI Capt. Rizky Budimansyah Juzar mengatakan aplikasi tersebut berbasis digital yang dapat didownload di Playstore, yang direncanakan akan diluncurkan pada Januari 2020. Semakin berkembangnya teknologi penerbangan dunia maka pihaknya memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan kualitas para pilot demi kenyamanan dan keselamatan bagi para pengguna jasa penerbangan.

“Lokasi roadshow untuk acara Aviation Safety Campaign 4.0 setiap bulannya agar pesan-pesan mengenai keselamatan penerbangan tersampaikan hingga sebanyak 1.000 lebih penumpang atau pengunjung per hari yakni seluruh bandara di tanah air, tempat-tempat umum dan sekolah,” ujarnya saat menggelar Aviation Safety Campaign 4.0 di Gedung Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Jumat (20/12/2019).

Menurut Rizky sekolah menjadi sasaran untuk dilakukan kampanye keselamatan penerbangan tidak lebih untuk menanamkan niai-nilai edukasi keselamatan penerbangan sejak dini. Melalui kampanye tersebut, lanjutnya, diharapkan masyarakat mengetahui begitu pentingnya memahami secara rinci aspek aspek keselamatan penerbangan.

“Banyak faktor sebenarnya yang termasuk dalam ancaman keselamatan penerbangan, dan hal tersebut saat ini harus diketahui oleh masyarakat umum, terutama pengguna jasa dan masyarakat sekitar bandar udara,” katanya.

Rizky menuturkan pihaknya akan menggandeng para pemangku kepentingan dalam mengkampanyekan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional bagi masyarakat umum pengguna transportasi udara melalui program digitalisasi dan edukasi yang harus disosialisasikan secara komprehensif kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Untuk itu, kita sedang mengembangkan aplikasi yang nantinya akan digunakan untuk menyosialisasikan tentang apa saja yang membahayakan penerbangan dari sisi pengguna jasa, maupun dari sisi masyarakat sekitar bandara, nantinya ada konten-konten berupa video yang dapat ditonton masyarakat mengenai keselamatan penerbangan,” ungkapnya.

Rizky berharap dengan adanya aplikasi tersebut dapat dengan cepat terinformasikan kepada masyarakat luas mengenai keselamatan penerbangan.

“Yang kita inginkan adalah aplikasi ini bisa dibuka oleh pengguna jasa untuk mengingatkan diri apakah ketika mereka mau terbang, sudah mematuhi semua aturan yang ada, juga kepada masyarakat sekitar bandara untuk mengetahui akibat jika memang melakukan pelanggaran yang mengancam keselamatan penerbangan,” jelasnya. (rik)

Komentar Anda

comments