XL Axiata Terus Pergencar Pembangunan Jaringan 4G

oleh -
Francky Rinaldo Pakpahan (kiri), Region Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek dan Kalimantan. foto : budi

Palapanews.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bertekad untuk terus meningkatkan kualitas layanan di wilayah Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara (Jabobetabek dan Kalimantan).

Pesatnya peningkatan trafik data dan juga berkembangnya pasar di area luar Jawa telah mendorong XL Axiata untuk menyiapkan berbagai rencana strategis yang akan guna memenuhi segala ekspektasi pelanggan. Termasuk di dalam rencana tersebut adalah berlanjutnya perluasan jaringan data 4G, fiberisasi, juga peluncuran produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

“Di tingkat regional, kami berhadapan langsung dengan kompetisi yang sangat ketat dalam meyakinkan masyarakat pengguna layanan data. Kami harus mampu memenuhi ekspektasi masyarakat dan pelanggan agar mereka percaya dan setia dengan produk XL Axiata,” ungkap Francky Rinaldo Pakpahan, Region Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek dan Kalimantan, Kamis (5/12/2019).

Meskipun begitu, jelasnya, kompetisi yang ketat bukanlah penghalang bagi XL Axiata. Kompetisi justru mendorong untuk terus menjaga performa sehingga bisa memenuhi semua ekspektasi pelanggan.

“Demi mampu terus berkompetisi, maka XL Axiata memastikan untuk melakukan apapun agar pelanggan nyaman dan meraih manfaat maksimal atas layanan yang mereka pakai,” tambah Francky.

Diakuinya, pola dan trend penggunaan layanan data rata-rata memang terus meningkat di semua area dan bahkan secara nasional. Namun di setiap area memiliki karakteristik pengguna yang khas.

Seperti di regional yang dipimpinnya yang antara lain meliputi Jabodetabek dengan karakter pengguna yang sangat mobile dan lebih membutuhkan kualitas jaringan yang prima, lalu kota-kota pinggiran Ibukota yang juga lumayan tinggi trafiknya, hingga sebagian Kalimantan yang saat ini XL Axiata sedang gencar melakukan perluasan jaringan data dan sekaligus terus memperkuat ekosistem.

“Untuk itulah, aspek kualitas jaringan yang prima menjadi salah satu yang menjadi prioritas untuk terus dijaga dari waktu ke waktu. Jaringan harus selalu ditingkatkan kualitasnya sesuai dengan kebutuhan pelanggan dalam mengakses beragam layanan data. Kualitas jaringan juga tak bisa dilepas dari kepadatan trafik pengguna di suatu area. Area yang sudah penuh harus dilayani dengan jaringan yang memadai agar pelanggan tetap nyaman mengakses layanan data,” lanjut Francky.

Hingga akhir September 2019, total jumlah pelanggan di regional Jabodetabek dan Kalimantan mencapai 15 juta, meningkat dari 13 juta di periode yang sama tahun sebelumnya. Area Jabodetabek mencatatkan jumlah pelanggan tertinggi, yaitu sebanyak lebih dari 90%. Peningkatan juga terjadi pada trafik penggunaan layanan data, yang meningkat sekitar 30% YoY.

Khusus layanan data 4G meningkat sekitar 41%. Sementara itu, laju peningkatan trafik tertinggi terjadi di area Kalimantan Timur yang mencapai lebih dari 60% di periode setahun terakhir. (rls/bd)

Komentar Anda

comments