Macet Terus, PKL di Pasar Serpong Kembali Ditertibkan

oleh -
Petugas Satpol PP memasang spanduk larangan berjualan di area jalan Pasar Serpong. Foto: Nad

Palapanews.com- Satpol PP bersama dengan Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi dan UKM, Disperindag melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di lingkungan Pasar Serpong, Rabu (13/11/2019). Penertiban tersebut dilakukan karena kemacetan banyaknya kendaraan angkot yang ngetem serta kendaraan pribadi yang diparkir di bahu jalan.

Satpol PP juga memasang sejumlah poster berisi sosialisasi larangan bagi PKL berjualan di sepanjang trotoar dan bahu jalan raya kawasan Pasar Serpong. Selain itu, pihaknya juga menempatkan beberapa petugas untuk menjaga kawasan itu agar tetap steril dari PKL.

Kepala Satpol PP Kota Tangsel Mursinah mengatakan, masalah kemacetan salah satunya disebabkan maraknya PKL yang menjajakan barang dagangannya di bahu dan trotoar jalan.

“Untuk melerai kemacetan itu, kami lakukan penertiban, dimana mereka hanya boleh berjualan pada pukul 22.00 malam sampai pukul 06.00. Sedangkan mulai pukul 06.00 pagi sampai pukul 22.00 malam dilarang berjualan,” ujarnya.

Bahkan, pihaknya pun melakukan tindakan tegas kepada PKL yang masih berjualan di bahu dan trotoar jalan raya kawasan Pasar Serpong.

“Jika tetap nekat untuk tetap menjajakan lapaknya, mereka akan dikenakan denda Rp 50 juta atau kurungan selama tiga bulan,” ungkapnya.

Mayoritas PKL yang berjualan di bahu dan trotoar jalan, menurutnya merupakan pedagang dari kereta api. Mereka ada yang berasal dari Lebak, Maja, dan daerah lainnya. Kalau yang di dalam pasar ada.

“Dishub juga berperan, jadi kita bersama-sama untuk menata kawasan pasar Serpong, selama ini masyarakat banyak yang komplain karena kemacetan di kawasan itu sudah terjadi puluhan tahun,” paparnya.

Sementara kesepakatan yang disepakati oleh Dinkop dan UKM, kecamatan dan instansi terkait lainnya, para pedagang masih bisa diperbolehkan berjualan dari jam 22.00 sampai jam 06.00 pagi. Nah jam 06.00 pagi mereka harus sudah mengangkat dagangannya, kami juga menempatkan petugas dari jam 06.00 pagi sampai jam 22.00 malam di sana.

Untuk bulan ini pihaknya baru melakukan penertiban di pasar Serpong terlebih dahulu. Penertiban ini sifatnya rutin setiap hari, tidak hanya sewaktu-waktu.

“Setelah penertiban di Pasar Serpong berjalan dan bahu serta trotoar jalan steril dari PKL, barulah Satpol PP bersama instansi terkait lainnya akan menertibkan pasar-pasar yang lain di wilayah Tangsel,” imbuhnya. (nad)

Komentar Anda

comments