Berbenah, Lapas Anak Tangerang Kini Punya Kafe

oleh -
Suasana kafe di lingkungan Lapas Anak Tangerang. Foto: Rik

Palapanews.com- Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Tangerang membuka fasilitas kafe kunjungan guna meningkatkan pelayanan publik.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala LPKA Klas I Tangerang Dedy Cahyadi mengatakan, fasilitas kafe dihadirkan untuk memberikan rasa keharmonisan bagi anak didik pemasyarakatan (andikpas) saat dikunjungi keluarganya.

“Jadi, saat anak didik masuk maupun keluarganya masuk ke sini (dalam lapas) bisa merasakan kebahagiaan keluarga. Penyediaan ini sebagai penunjang fasilitas lainnya¬†demi terciptanya pelayanan yang bermartabat dengan mengedepankan hak asasi manusia (HAM),” ujarnya, Senin (11/11/2019).

Dalam kafe tersebut, Dedy menuturkan pengunjung yang berinteraksi dengan andikpas dihibur dengan tampilan musik kekinian. Grup band yang menghibur pun berasal dari andikpas. Sehingga, kehadiran kafe ini menjadi ruang bagi andikpas untuk menampilkan kemampuannya di hadapan publik.

“Berbagai hiburan seperti musik, kami berikan karena bagian dari hipnoterapi agar pikirannya terasa nyaman,” katanya.

Dedy menjelaskan fasilitas ramah disabilitas juga disediakan. Terdapat area perparkiran kendaraan, jalur, ruang tunggu khusus bagi pengunjung yang menyandang disabilitas. Juga terdapat kamar disabilitas untuk andikpas meskipun saat ini belum ada andikpas penyandang disabilitas.

“Kami juga menyiapkan duta layanan dan duta kunjungan untuk menyambut pengunjung,” jelasnya.

Bahkan, kamar registrasi H pun tersedia walau belum ada andikpas yang mengalami penyakit menular. Sebab, pusat layanan kesehatan Klinik Assyifa yang dilengkapi tenaga kesehatan selalu memonitoring kesehatan andikpas.

“Ruang rawat inap pula kami sediakan,” katanya.

Dedy menambahkan, musala Al-Hidayah juga sudah tersedia untuk pengunjung maupun andikpas yang dikunjungi melakukan aktivitas ibadah. Ia berharap, ragam fasilitas publik berbasis HAM ini dapat memberikan pelayanan secara maksimal untuk masyarakat.

“Karena untuk layanan berbasis HAM, kami leading sektornya,” jelasnya. (rik)

Komentar Anda

comments