SDN Pabuaran Tumpeng 1 jadi Lokasi Awal Coolroofs Project

oleh -

Palapanews.com- Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah meresmikan berjalannya Coolroofs Project yang merupakan hasil kerjasama antara Pemkot Tangerang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan University of Florida sebagai mitra lokal dan internasional.

Kerjasama yang bersifat science to develop policy melalui keikutsertaan dalam kompetisi Million Coolroofs Challenge ini, memanfaatkan dana yang merupakan hadiah dari kompetisi yang sebelumnya diikuti dengan memilih 3 lokasi untuk dijadikan pilot project yaitu SDN Pabuaran Tumpeng 1, PT. Mayora, dan kantor Dinas Lingkungan Hidup.

“Kita fasilitasi tempat dan areanya, nanti jika sudah terlihat hasilnya metode ini akan kita kembangkan dan distribusikan ke kampung-kampung tematik yang ada di Kota Tangerang,” jelas Arief saat menghadiri peresmian Coolroofs project di SDN Pabuaran Tumpeng 1, Kamis, 24 Oktober 2019.

Arief menjabarkan, alasan dipilihnya ketiga lokasi tersebut sebagai pilot project berdasarkan kerentanan kesehatan penghuni bangunan terhadap kualitas iklim mikro serta bangunan-bangunan yang menggunakan penyejuk udara dan tidak menggunakan penyejuk udara.

“Tujuannya adalah agar terciptanya suhu lingkungan nyaman di kota Tangerang. Jika suhu ruang tidak panas lagi, pasti pemakaian penyejuk udara otomatis akan berkurang dan menurunkan suhu bumi, sehingga efek dari pemanasan global bisa diminimalisir,” imbuh Walikota.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset, Kemitraan dan Usaha Universitas Pendidikan Indonesia, Didi Sukyadi menyebutkan, ini adalah tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara UPI dan Pemkot Tangerang pada bulan Maret tahun 2019 lalu perihal Coolroofs project.

“Alhamdulillah Kota Tangerang adalah salah satu kota yang sangat responsif dalam implementasi MoU tersebut, dukungan dari Pemkot Tangerang pun terbilang tinggi,” papar Didi.

“Cara kerjanya adalah dengan membuat cat yang dapat mendinginkan suhu ruang, kemudian akan diaplikasikan di atap gedung pada tiga lokasi yang telah ditentukan,” pungkas Didi.

Sebagai informasi, UPI yang berkolaborasi dengan Pemkot Tangeramg menargetkan 1.000.000 m² sebagai langkah awal implementasi inovasi coolroofs hingga akhir tahun 2020 mendatang.(ydh)

Komentar Anda

comments