PMI Kota Tangerang Bentuk Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

oleh -

Palapanews.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang terus berupaya melakukan sosialisasi mitigasi atau pencegahan terhadap bencana alam di Kota Tangerang.

Salah satu cara yang dilakukan PMI Kota Tangerang adalah melatih kader atau relawan tangguh bencana baik dari perangkat kelurahan, masyarakat maupun pemuda peduli bencana.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pemaparan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat (SIBAT) dan dilanjutkan dengan praktek penanganan bencana.

Dalam kontek sesiapsiagaan dan penanggulangan bencana alam, PMI Kota Tangerang  terus berupa memberikan pemahaman, pelatihan, sosialisasi serta simulasi. Hal itu dilakukan agar masyarakat paham dan mengerti tentang bencana dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Menurut Hasbullah selaku ketua panitia mengatakan, tujuan Sibat ini adalah membentuk tim kesiapsiagaan bencana di Kota Tangerang.

“Pada saat ini kita mengawalinya di 3 kecamatan yaitu PMI Kecamatan Neglasari, PMI Benda dan PMI Batuceper yang dilatih dalam hal mitigasi dan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, optimalisasi pemuda dan relawan harus dilakukan, salah satunya lewat kegiatan ini. “Peserta pelatihan dapat menjadi garda terdepan dalam upaya mitigasi bencana di wilayah kecamatan, contohnya ketika terjadi bencana kebakaran, banjir dan kekeringan di kecamatan Neglasari, Batuceper dan Benda.” paparnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menerangkan, dalam rangka meningkatkan peranserta masyarakat bukan hanya menjadi obyek atau penonton, tapi di Kota Tangerang harus menjadi subjek untuk kemajuan pembangunan. Melalui kegiatan pelatihan ini para peserta bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam menghadapi keadaan gawat darurat.

“Peserta juga harus bisa menyampaikan kembali ilmu yang dipelajari ke masyarakat luas. Minimal disampaikan ke keluarganya dulu, supaya tahu gimana menghadapi kondisi yang darurat dengan cara yang tepat,” ujar Walikota dalam acara yang berlangsung di aula kantor Kecamatan Neglasari, Sabtu, 31 Agustus 2019.

“Kami mengucapkan terimakasih terhadap PMI Kota Tangerang yang mau mengajak masyarakat ikut berlatih dalam kesiapsiagaan kebencanaan,”pungkasnya.(ydh)

 

Komentar Anda

comments