UKAMI Banten Bersinar, Perhimpunan Wadahi IKM-UKM

oleh -
Kartu anggota UKAMI Banten Bersinar bisa multiguna. foto : budi

Palapanews.com – UKAMI atau UKM Indonesia Banten Bersinar hadir sebagai perhimpunan yang mewadahi IKM-UKM di wilayah Banten. Dalam setahun kiprahnya sudah ratusan pelaku usaha merapat menjadi member.

Dalam perjalanannya yang terbilang masih seumur jagung perhimpunan yang sudah memiliki berstatus legal formal ini, juga sudah mampu mendirikan sebuah koperasi konsumen. Koperasi ini, hadir memfasilitasi memenuhi segala kebutuhan pelaku usaha. Koperasi Mitra UKAMI Sejahtera namanya.

Tidak hanya itu, UKAMI yang berkantor di Metropolis Town Square, Kota Tangerang inipun siap membantu memfasilitasi para anggotanya dalam hal mendapatkan permodalan guna pengembangan usaha mereka.

“Saat ini anggota UKAMI Banten Bersinar mencapai 300 pelaku usaha se-Provinsi Banten. Setiap anggota koperasi juga adalah anggota UKAMI, tapi anggota UKAMI belum tentu anggota koperasi. Kami memberikan kebebasan kepada anggota,” ungkap Ir. Ina Karlina M, Sekretaris Umum UKAMI Banten Bersinar kepada palapanews.com.

Kedepannya, lanjut Irna, akan dibentuk korwil-korwil (koordintor wilayah) se-Provinsi Banten. Ada juga anggota yang berasal dari luar daerah Banten, yang disebut sebagai anggota luar biasa seperti yang sudah bergabung salah satunya Bogor.

Ada empat fungsi utama yang diusung oleh UKAMI Banten Bersinar yakni; pertama fungsi informasi baik internal maupun eksternal, kedua fungsi pemasaran, ketiga fungsi peningkatan sumber daya manusia, dan keempat fungsi usaha yakni terkait permodalan.

“Kami sudah bekerjasama dengan dinas UKM di beberapa daerah melaksanakan pelatihan-pelatihan. Kami juga memiliki mitra tetap yakni Lippo,” terang Irna.

Untuk pelaku usaha yang mau bergabung dengan UKAMI Banten Bersinar syaratnya mudah cukup membayar Rp. 150.000 masing-masing untuk biaya adminitrasi Rp. 100.000 dan untuk kartu anggota sebesar Rp. 50.000. Kartu member merupakan kartu multiguna bisa digunakan sebagai e-money. (bd)

Komentar Anda

comments