Menpora: PON 2020 di Papua Tandingkan 37 Cabang Olahraga

oleh -
Menpora Imam Nahrowi. Foto: Ist

Palapanews.com- Pemerintah terus mematangkan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Peparnas (Pekan Paralympic Nasional) 2020 di Provinsi Papua. Senin (26/8/2019), Presiden Joko Widodo melakukan rapat terbatas tentang persiapan pelaksanaan PON dan Pepernas di Kantor Presiden, Jakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrowi mengatakan rapat terbatas tersebut antara lain membahas untuk melakukan rasionalisasi jumlah cabang olahraga dan nomor pertandingan.

“Memang 47 cabang olahraga dan 700-an nomor pertandingan itu harus betul-betul dilihat secara utuh mana yang memungkinkan untuk dipertandingkan tetapi tidak boleh lepas dari olahraga olimpiade karena nanti akan dirasionalisasi, akan dikurangi setidaknya 37 cabang olahraga dari 47 cabang olahraga,” kata Menpora kepada wartawan.

Ditegaskan Menpora, sudah barang tentu penyelenggraan PON 2020 ini harus betul-betul disiapkan sedini mungkin, sebaik mungkin, sehingga support dari teman-teman yang dulu menjadi pelaksana Asian Games ini akan diberikan sepenuhnya nanti untuk mendampingi PB PON.

“Jadi teman-teman INASGOC dan INAPGOC nanti akan mendampingi Pak Gubernur dan PB PON secara keseluruhan, agar ini betul-betul menjadi barometer bahwa PON di Papua betul-betul menjadi momentum bergengsi bagi Indonesia di mata dunia,” terang Menpora.

Menpora Imam Nahrowi juga menyampaikan, karena Papua akan difokuskan bagi penyelenggaraan PON, maka even yang lain Peparnas (Pekan Paralympic Nasional) akan digeser ke tempat lain. Demikian pula biasanya ada test event 1 tahun sebelum penyelenggaraan yaitu Pekan Olahraga Pelajar, menurut Menpora, ini juga akan digeser ke Jakarta.

“Papua fokus menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional tahun 2020,” tegas Menpora. (hms)

Komentar Anda

comments