Fahd Pahdepie Jadi Role Model, Kaukus Muda Tangsel Dideklarasi

oleh -
Deklarasi Kaukus Muda Tangsel di Kampung Rimbun, Serpong. Foto: Ist

Palapanews.com- Sedikitnya 200 anak muda Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berkumpul di Kampung Konservasi Rimbun, Ciater, Serpong, Minggu (25/8/2019). Mereka menghadiri acara diskusi dan bedah buku Fahd Pahdepie, tokoh muda Tangsel, yang berjudul “Muda, Berdaya, Karya Raya”.

Dalam sambutannya, Fahd menyebut bahwa ide meluncurkan bukunya di Tangsel sebagai bentuk ‘giving back’ (memberi kembali) pada komunitas anak muda di Tangsel.

“Saya tumbuh dan tinggal di kota ini (Tangsel), berkarya di kota ini, membangun bisnis, dan lainnya. Banyak hal yang saya ceritakan dalam buku ini settingnya di Tangsel. Kalau hari ini kita luncurkan dan diskusikan di sini, ini momen penting dan luar biasa buat saya,” ungkap Fahd.

Hadir dalam diskusi tersebut sejumlah narasumber di antaranya, dirut RS Buah Hati Ciputat Ardhy Nugrahanto, aktivis perempuan Ratih Utami, dan pengamat Yohan Wahyu. Bertindak sebagai moderator, Faisal Alfansury.

Menurut Ardhy, berkumpulnya anak muda di momen ini adalah sesuatu yang harus disyukuri. Mudah-mudahan ini menjadi gelombang yang besar di Tangsel.

“Fahd adalah tokoh muda Tangsel yang sudah berkarya dan berbuat. Inilah yang harus diikuti anak-anak muda lain, kita semua. Memberi kontrobusi nyata untuk kota ini,” papar Ardhy dalam diskusi.

Di penghujung acara, anak-anak muda dari berbagai daerah di Tangsel yang hadir dalam acara tersebut mendeklarasikan sebuah wadah yang diberi nama Kaukus Muda Tangsel.

Wadah ini dipersiapkan untuk menghimpun ide-ide anak muda, serta mendorong mereka untuk berkarya dan berkontribusi pada masyarakat.

“Spirit anak muda seperti Fahd perlu terus ditularkan pada anak-anak muda lainnya di Tangsel. Anak muda selalu menjadi aktor kunci perubahan. Kalau kita lihat sejarah nasional, mulai dari kemerdekaan sampai reformasi, semua penggeraknya anak muda. Kalau Tangsel ini mau berubah, kita harus memulainya dari anak muda,” ujar Yohan Wahyu yang mengapresiasi inisiatif ini.

Sementara itu Founder Kaukus Muda Tangsel, Erlangga Yudha yang juga hadir dalam kegiatan peluncuran buku dan diskusi itu, mengatakan bahwa gerakan pemuda kedepannya jangan hanya sekedar memberi kritik tanpa solusi. Tetapi juga harus bisa berkarya nyata dan berkontribusi baagi daerahnya.

“Dari Fahd kita bisa mencontoh semangatnya sebagai anak muda, dia bisa mengeluarkan banyak ide, dan dari ide-ide itu dia kini bisa sukses. Dan saat ini saatnya orang-orang seperti Fahd ini kita kumpulkan bersama di Kaukus Muda Tangsel, dan bersama-sama kita berikan sesuatu yang besar dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Tangsel,” pungkasnya. (red)

Komentar Anda

comments