Akhir 2019 XL Axiata Targetkan 50 % BTS Terhubung Jaringan Fiber

oleh -
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam bentuk hologram. foto : xl

Palapanews.com – Hingga akhir tahun 2019 XL Axiata mentargetkan 50% BTS akan terhubung dengan jaringan fiber. Dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 60-70% pada akhir 2020.

Saat ini, fiberisasi sudah menjangkau sekitar 30% BTS dengan sebagian besar mencakup wilayah Jawa. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir.

Hal itu diungkapkan Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata pada acara uji coba teknologi 5G di jaringan XL Axiata yang berlangsung di Gedung XL Axiata, Jakarta, Rabu 21 Agustus 2019.

“Bahkan, fiberisasi juga kami lakukan hingga ke Kepulauan Anambas dan Natuna dengan memanfaatkan backbone Palapa Ring Barat,” jelas Yessie.

Pada program fiberisasi, Yessie menyebut program ini merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir.

Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Diinformasikan hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber. (rls/bd)

Komentar Anda

comments