Siloam Hospitals Group Beri Layanan Kesehatan Bagi 1.040 Pengungsi Internasional

Palapanews.com – Sinergi layanan kesehatan bagi 1.040 pengungsi internasional digelar Siloam Hospitals Group bersama Dinas Kesehatan Pemprov DKI.

Kegiatan itu bertujuan agar kebutuhan layanan kesehatan bagi para pengungsi yang berasal dari sejumlah negara seperti warga negara Afganistan, Somalia, Sudan, Pakistan, Ethiopia dan Iraq tetap terlayani dengan baik dan teratur.

Sejak siang, suasana pengungsian yang berlokasi di bekas gedung Kodim di Jalan Daaan Mogot Jakarta Barat, lebih dari 800 pengungsi ramai berkumpul di sejumlah pos untuk pendataan ulang lalu pemeriksaan berupa cek tensi, mata telinga dan tenggorokan.

Dari pantauan media di lapangan nampak sejumlah pengungsi ada yang mengalami sakit stroke dan jantung, selanjutnya mereka segera dilarikan ke Siloam Klinik Daan Mogot, yang lokasinya tidak jauh dari lokasi pengungsian.

“Lebih dari 800 migran telah menjalani pemeriksaan kesehatan sejak Jumat pagi. Dan pemeriksaan ini ikut dilayani tim kesehatan Siloam Hospitals Group, melalui 22 dokter , 30 perawat dan 5 apoteker guna melayani 1000 pengungsi,” jelas Caroline Riady, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, saat mengunjungi lokasi Jumat sore (26/7/2019) ditemani sejumlah anak anak pengungsi.

Menurut Caroline yang lulusan Psikologi dan pendidik ini, pada dasarnya setiap manusia berhak mendapatkan layanan kesehatan yang layak, termasuk para pengungsi pencari bantuan tersebut.

” Ini tidak sekedar teknis melayani rasa sehat. Tapi kami turut bersyukur dan ikut simpati kepada pihak lain, terutama bersama warga dunia lainnya yang meminta pertolongan,” tegasnya.

Dari hasil pemeriksaan layanan kesehatan tercatat ada sebanyak 298 balita dan sekitar 200 kaum ibu (termasuk sekitar 40 ibu hamil). Adapun Jenis obat yang didatangkan disesuaikan dengan keluhan penyakit yang kini diderita para pengungsi berupa Inspeksi Saluran Pernapasan, Diare, Infeksi kulit. Ratusan pengungsi tersebut pun semuanya diberikan vitamin.

Layanan Kesehatan merupakan Salah satu bentuk tanggung jawab Siloam Hospitals Group pada bidang kesehatan baik itu secara sosial dan secara umum . Siloam Hospitals Group, selama 23 tahun beroperasi, Siloam Hospitals Group telah mengelola sebanyak 37 rumah sakit di 27 kota dan 33 klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan semua fasilitas dan pelayanan yang dimiliki, Siloam Hospitals diharapkan dapat selalu melakukaan pengabdian pada sistem layanan kesehatan Indonesia, melalui pendidikan, pencegahan, skrining, diagnosis, kasus, dan rehabilitasi. (rls/bd)

Komentar Anda

comments