Jadi Finalis Million Cool Roofs Challenge, Kota Tangerang Raih USD 100.000

oleh -
Palapanews.com-Usaha Pemerintah Kota Tangerang untuk menurunkan suhu harian rata – rata di kota menuai apresiasi tak hanya dari dalam negeri bahkan hingga luar negeri.
Hal ini dibuktikan dengan masuknya Kota Tangerang sebagai finalis dalam kompetisi Million Cool Roofts Challenge yang diadakan oleh Nesta Enterprises Limited yang bermarkas di London, Inggris.
Million Cool Roofts Challenge adalah sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menciptakan penurunan suhu mikro di perkotaan dengan dana yang terjangkau melalui penggunaan cat yang memiliki komposisi khusus yang dapat meyerap panas.
Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah menjabarkan masuknya Kota Tangerang dalam ajang tersebut tak lepas dari kerjasama yang dilakukan oleh Pemkot dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada bulan Maret 2019 lalu.
“Dari kerjasama itu temen – temen mahasiswa UPI minta Kota Tangerang untuk ikut kompetisi. Kota Tangerang dinilai memiliki karakteristik kepadatan penduduk dan suhu harian rata – rata yang juga cukup tinggi,” kata Arief.
Kota Tangerang berhasil masuk sebagai salah satu dari sepuluh kota lain yang berasal dari berbagai negara untuk bersaing mendapatkan hadiah sebesar USD 1.000.000 yang akan digunakan untuk pelaksanaan program penurunan suhu udara di kota.
“Surat dari UPI kemarin yang mengabarkan Kota Tangerang terpilih sebagi finalis dan diundang ke New York,” imbuhnya.
Kepala Seksi Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup, Mesi Shinta Dewi  yang menjadi salah satu tim dalam ajang tersebut menyebutkan, dengan masuk sebagai finalis ajang Million Cool Roofts, Kota Tangerang berhak atas dana sebesar USD 100.000 sebagai bentuk stimulan pelaksanaan proyek yang diberi nama Driving Climate Action to Combat Urban Heat Island @Coolroofs Tangerang. Proyek ini akan difokuskan pada penelitian, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta penyediaan infrastruktur dalam upaya penurunan suhu mikro di Kota Tangerang.
“Karena yang mengajukan adalah UPI, jadi nanti dananya dikelola oleh UPI untuk pelaksanaan pilot projectnya di Kota Tangerang, “tutup Mesi.(ydh)

Komentar Anda

comments