Alat Milik TPST di Serpong Ini Sanggup Musnahkan 26 Ton Sampah Sehari

Palapanews.com- Musayama (Musnah Sampah Kaya Manfaat), yang merupakan alat milik Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Abu & Co di Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), dapat memusnahkan 26 ton sampah setiap harinya.

“Dengan teknologi pyrolysis yakni, proses pembakaran tanpa atau sedikit oksigen sehingga secara efektif dapat meminimalisir polusi dan bebas bau,” ujar Pemilik TPST Abu & Co, Kemal Pasha saat memperkenalkan unit pemusnah sampah, Senin (15/7/2019).

Menurutnya, perusahaannya telah melayani pengolahan sampah di Kota Tangerang Selatan, khususnya BSD selama lebih dari 25 tahun ini melakukan uji coba sistem baru yang sangat efisien. Bahkan, saat ini sekitar 10.000 rumah telah dilayani dengan kapasitas sampah mencapai 26 ton sampah per hari tersebut.

“Hebatnya semua sampah itu dapat diolah seluruhnya dalam waktu 1 hari, artinya tidak ada lagi sisa sampah dari pelanggan yang menumpuk, tidak heran jika tidak tercium bau yang menyengat,” ungkapnya.

Sementara Kepala teknik Musayama, Achsan Indriadi membeberkan secara teknologi tidak baru namun menjadi sejarah karena buatan lokal pertama kali.

“Mesin kami yang telah diuji selama setahun ini bekerja selama 24 jam, tanpa menggunakan bahan bakar, minim tenaga listrik, minim asap dan dapat menghasilkan banyak produk seperti bahan bakar cair, bahan bakar gas, asap cair dan arang,” bebernya.

Saat ini mesin Musayama dari PT ABU & Co siap untuk diperkenalkan kepada khalayak ramai, dengan harapan agar dapat diikuti oleh pengelola sampah lainnya di Indonesia, dan teknologi asli karya bangsa Indonesia ini dapat berkembang dan menjadi solusi bagi permasalahan sampah di Indonesia. (nad)

Komentar Anda

comments