Istri Panglima TNI Tabur Benih Buah di Puspitek

oleh -

Palapanews.com- Dalam rangka peresmian kebun koleksi tanaman buah unggulan yang berlokasi di Puspiptek, Ketua Dharma Pertiwi Nanny Hadi Tjahjanto, Penasehat Dharma Wanita Persatuan Hasbiyah M. Nasir didampingi Kepala Pusat Penelitian Ilmu dan Teknologi (Puspiptek) Sri Setiawati menanam benih-benih buah unggulan, Selasa (9/7/2019).

Ketua Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan penanaman ribuan benih buah di kawasan Puspitek ini bertujuan untuk menambah koleksi tanaman buah unggulan. Selain itu, agar masyarakat Indonesia gemar makan buah.

“Sempitnya halaman rumah jangan dijadikan alasan untuk tidak bisa bercocok tanam. Jadi, walaupun halaman rumah sempit, masyarakat bisa menanam di polybag. Minimal pepaya dan tomat,” ujar istri Panglima TNI Hadi Tjahjanto ini.

Sementara Kepala Puspiptek Sri Setiawati menjelaskan, penanaman yang dilakukan oleh dirinya beserta Istri Panglima TNI dan Istri Menristekdikti adalah varietas mangga alpukat yang merupakan rekayasa genetika.

“Jadi kita bisa membelah buah mangga pada bagian tengahnya. Kemudian diputar dan langsung bisa dimakan seperti alpukat,” jelasnya.

Selain penanaman benih mangga alpukat, masih ada sekitar 990 benih buah unggulan lain yang juga ditanam oleh Dharma Wanita lainnya. Sedangkan lanjut Sri, untuk tanaman-tanaman buah yang ada di kebun koleksi Puspitek terdiri dari duren, manggis, mangga dan semua buah produksi lokal.

“Seperti buah pepaya california. Ya itu adalah hasil dari rekayasa kami. Bahkan yang unik, setiap musim buah, semua karyawan boleh langsung mengambil buah langsung dari pohonnya dan semoga 3 tahun mendatang, benih-benih yang kita tanam hari ini sudah berbuah,” ungkapnya.

Usai penanaman benih buah unggulan, Ketua Dharma Pertiwi Nanny Hadi Tjahjanto, Penasehat Dharma Wanita Persatuan Hasbiyah M. Nasir dan Kepala Puspitek Sri Setiawati menerima kunjungan dari puluhan siswa SMA Pradita Dirgantara untuk melihat proses kedirgantaraan. Termasuk Nuklir agar mereka mendapatkan pengetahuan saat berkunjung di Puspitek. (nad)

Komentar Anda

comments