9.948 Jemaah Haji Asal Banten Diberangkatkan

oleh -
Ilustrasi. Foto: Ist

Palapanews.com- Jemaah haji asal Provinsi Banten diberangkatkan menuju tanah suci Mekah mulai Minggu (7/7/2019). Total ada 9.948 anggota jemaah dari Banten yang terdiri atas 3.537 laki-laki dan 4.611 perempuan.

Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Banten Machdum Bachtiar mengatakan kloter pertama dari Kota Tangerang hari ini mulai diberangkatkan ke Asrama Haji Pondok Gede untuk diberangkatkan ke Mekah. Kanwil membagi pemberangkatan menjadi dua gelombang, yaitu gelombang pertama 9 kloter dan gelombang kedua 17 kloter.

“Untuk kloter pertama sudah diberangkatkan sebanyak 393 orang dari Kota Tangerang. Memang per kloter dibagi 393 jemaah,” kata Machdum ketika dihubungi detikcom dari Serang, Banten, Minggu (7/19/2019).

Karena ada penambahan kuota dari pemerintah Arab Saudi, Banten tahun ini juga mendapat tambahan 393 anggota jemaah. Selain itu, ada limpahan dari DKI Jakarta dan Lampung.

“Selain penambahan kuota nasional, kita juga mendapat limpahan sehingga bertambah 73 jemaah,” paparnya.

Tahun ini, lanjut Machdum, jemaah juga tidak perlu melakukan rekam biometrik di embarkasi di Arab Saudi ataupun di Pondok Gede. Hal ini, menurutnya, mempersingkat waktu jemaah saat di asrama haji.

“Rekam biometrik tahun ini dilakukan di kantor Kanwil Kemenag. Jadi lebih mudah proses pemberangkatannya,” pungkasnya. (dt)

Komentar Anda

comments