Mahasiswa Mercu Buana Gelar Edukasi Media di Panti Asuhan

oleh -

Palapanews.com- Sekelompok Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB), menggelar kegiatan edukasi media di Panti Asuhan Uswatun Hasanah, Batu Ceper, Kota Tangerang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk berbagi kebersamaan dengan anak yatim dengan kegiatan belajar dan bermain.

Christopher, ketua kelompok mahasiswa mengatakan, kegiatan ini melibatkan lebih dari 30 anak yatim berusia 6-9 tahun yang didasarkan tugas salah satu mata kuliah dan pengamatan kelompok bahwa anak-anak panti asuhan cenderung terisolasi dari kehidupan yang semestinya.

Menurutnya, anak-anak panti asuhan jarang bermain dan bersosialisasi dengan yang lain atau orang dewasa diluar dari lingkungan panti.

“Kami mengamati bahwa anak panti asuhan sangat jarang bergaul dengan anak yang diluar dari lingkungan panti ini. Selain itu, mereka juga cenderung pemalu untuk mencoba bergaul dengan orang luar dari panti mereka,” ujar Christopher, Sabtu, 22 Juni 2019.

“Memang banyak kegiatan berbagi dengan anak yatim, tetapi rata-rata hanya sekedar di kegiatan memberi donasi. Kami melihat, mereka butuh support secara mental dan psikis bahwa mereka tidaklah berbeda dengan anak lainnya, mereka hebat dan mereka bisa,” tambahnya.

Kegiatan ini sukses menarik perhatian anak-anak. Terlihat dari antusiasme anak-anak dalam mengikuti serangkaian kegiatan yang di lakukan, mulai dari edukasi pengetahuan melalui literasi, mencoba menggunakan kamera profesional, mencoba berbicara di depan kamera dan umum.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk membangun moral dan mental anak panti menuju hal yang positif. Mereka jadi mendapat kesempatan dan pengalaman baru seperti memakai kamera professional, mencoba berbicara depan umum dan bisa bersosialisasi dengan masyarakat luar. Saya pikir kegiatan ini harus dilanjutkan oleh mahasiswa lain untuk ke depannya. Kegiatan ini juga bisa menjadi pengetahuan untuk masyarakat bahwa untuk beramal kepada anak yatim tidak terpaku dengan donasi atau uang saja, tetapi kegiatan kebersamaan juga sangat berpengaruh bagi anak-anak dan insyaallah berkah,” paparnya.

Kelompok mahasiswa dari Universitas Mercubuana berharap kegiatan yang mereka lakukan tidak berhenti sampai disitu. Mereka berencana mengadakan kegiatan-kegiatan serupa agar dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat sebagai bentuk peduli negeri yang bisa dilakukan selaku mahasiswa.(rik)

Komentar Anda

comments