Akhir Juni, Jokowi Targetkan Pembangunan Runway 3 Selesai

oleh -
banner 300250

Palapanews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan progres pembangunan landasan pacu atau Runway 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Pembangunan tersebut diharapkan bisa selesai akhir bulan ini.

“Runway 3 Soekarno-Hatta ini sudah selesai 86 persen, kita harapkan akhir bulan ini rampung 100 persen danĀ  akan dioperasionalkan secepatnya. Mungkin Juli 2019 sudah dioperasionalkan,” ujarĀ  Jokowi yang didampingi Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat, 21 Juni 2019.

Dengan adanya Runway 3, Jokowi mengatakan, pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta bisa dapat ditingkatkan lagi. Sehingga, lanjutnya, setelah Runway selesai tidak ada lagi pesawat yang menahan saat hendak landing dan permintaan slot dari maskapai negara lain pun bisa terisi.

“Sekarang di Bandara Soekarno-Hatta memiliki 81 pergerakan setiap jam. Dengan tambahan runway ke tiga, akan menjadi 120 pergerakan per jam. Dan kita harapkan juga seperti yang kemarin-kemarin mau turun (landing) mutar dulu setengah jam, enggak ada lagi setelah ini (Runway 3) rampung, insyaallah nggak ada,” paparnya.

Setelah Runway 3 selesai dibangun, Jokowi menambahkan, akan menyiapkan pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta.

“Dua tahun yang lalu sudah saya perintahkan ke Dirut AP II, untuk menyiapkan perencanaan Terminal 4. Ini sudah ada designnya, kita berharap di 2021 Terminal 4 sudah di bangun, 3 tahun rampung. Sehingga total nantinya di sini bisa menampung 110 juta penumpang dengan plus Terminal 4,” katanya.

Menurut Jokowi, pertumbuhan dalam penerbangan sangat cepat. Maka dari itu, pembangunan infrastruktur harus mendahului dari pertumbuhan yang ada.

“Pembangunan Runway, pembanguan East Cross Taxi Way dan terminal, kalau tidak dikejar pembangunannya ya sama saja kedahuluan lagi nanti, artinya ada penumpukan lagi. Dan kita nggak mau itu, infrastruktur harus mendahului itu semua,” jelasnya.

Diketahui, biaya pembangunan Runway dengan ukuran 3.000 x 60 meter ini mencapai Rp2 triliun, sedangkan biaya pembebasan lahan mencapai Rp4 triliun dengan total Rp6 triliun.(rik)

Komentar Anda

comments