Tips Cegah Kebakaran saat Rumah Ditinggal Mudik

oleh -
Ludes, sisa-sisa kebakaran kawasan pengepul di Ciputat, Tangsel. Foto: Ist

Palapanews.com- Musim mudik lebaran sudah menjadi tradisi untuk bisa berkumpul bersama dengan keluarga di kampung halaman. Namun, para pemudik terkadang lalai saat meninggalkan rumah tanpa memperhatikan segala sesuatunya, sehingga terjadi kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangsel, Uci Sanusi mengimbau kepada para pemudik untuk memperhatikan penggunaan alat elektronik dirumah saat ditinggak mudik lebaran.

“Saat meninggalkan rumah, pastikan penggunaan alat elektronik sudah aman dan tidak tersambung dengan aliran listrik. Jangan hanya mematikan aliran listrik melalui tombol remote, tetapi sebaiknya cabut kabel yang berhubungan langsung dengan listrik. Juga lepaskan regulator gas dari tabung,” papar Uci, Jumat (7/6/2019).

Uci juga mengatakan, di musim panas ini para warga agar berhati-hati ketika membakar sampah di lingkungannya. Karena itu dapat menyebabkan kebakaran.

“Ya, saat menghadapi musim panas ini kerentanan semakin meningkat. Tentu masyarakat harus semakin waspada, jangan membakar sampah kalau tidak ditunggui. Tegasnya sebenarnya jangan melakukan pembakaran sampah untuk menghindari terjadinya kebakaran,” ujarnya.

Diketahui, banyak terjadi kebakaran di wilayah Tangsel bermula dari membakar sampah. Salah satunya yang terjadi beberapa hari lalu di Jelupang, Serpong Utara tumpukan sampah terbakar dan membuat warga sekitar panik. (nad)

Komentar Anda

comments